Analisis Pesan Dakwah Di Akun Instagram @kata_motivasi.islami

Nurfatimatuzzahroh, NIM : 2032113 and Syifa Hamama, S.I.Kom, M.Si, NIDN.2116028603 (2024) Analisis Pesan Dakwah Di Akun Instagram @kata_motivasi.islami. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (614kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (437kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (182kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (182kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi pesan dakwah yang disampaikan melalui akun Instagram @kata_motivasi.islami, khususnya selama periode Januari hingga Juni 2024. Akun tersebut fokus pada penyebaran nilai-nilai Islam dalam bentuk quotes Islami yang berisi nasihat, motivasi, serta ajaran agama. Pesan-pesan dakwah ini mencakup tiga aspek utama yaitu aqidah, syari'ah, dan akhlak. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, di mana data dikumpulkan dari postingan Instagram berupa teks, gambar, dan video pendek. Hasil analisis ini memberikan pemahaman tentang bagaimana pesan dakwah dikemas secara menarik melalui visual grafis yang mendukung, serta pengaruhnya terhadap audiens di platform media sosial tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan quotes Islami dengan visual yang menarik memudahkan penyebaran nilai-nilai agama, terutama melalui fitur interaktif Instagram seperti Stories dan Reels. Selain itu, caption yang relevan dan penggunaan hashtag efektif membantu meningkatkan jangkauan dakwah. Pesan dakwah terkait aqidah menekankan keyakinan terhadap Allah SWT, pesan syari'ah menekankan praktik ibadah, sementara pesan akhlak mengajak audiens untuk berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dakwah melalui media sosial, khususnya Instagram, sangat efektif dalam menjangkau audiens yang lebih luas dan menyebarkan pesan Islam dengan cara yang mudah dipahami dan diterima oleh berbagai kalangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Syifa Hamama, S.I.Kom, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah quotes Islami, analisis
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Syariah Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 14 May 2025 03:16
Last Modified: 14 May 2025 03:16
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1508

Actions (login required)

View Item
View Item