Strategi Guru PAI dalam Mencegah Tindakan Bullying di SMK Ma’arif 7 Kebumen

Nur Khasanah, NIM.2116956 (2024) Strategi Guru PAI dalam Mencegah Tindakan Bullying di SMK Ma’arif 7 Kebumen. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (310kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (750kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (319kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (293kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Khasanah. 2116956. Strategi Guru PAI dalam Mencegah Tindakan Bullying di SMK Ma’arif 7 Kebumen
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui terjadinya perilaku bullying, mengetahui strategi guru PAI dalam mencegah tindakan bullying, dan untuk mengetahui strategi para guru dalam membantu guru
PAI untuk mencegah Tindakan bullying di SMK Ma’arif 7 Kebumen. Peneliti melakukan penelitian menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru BK, guru PAI dan peserta didik kelas X SMK Ma’arif 7
Kebumen. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ternyata menunjukkan ternyata tindakan bullying yang terjadi di SMK Ma’arif 7 Kebumen yaitu bullying fisik, bullying verbal, bullying relasional dan cyber bullying. Strategi yang digunakan
guru PAI yaitu memberikan nasehat dan motivasi kepada peserta didik, melibatkan seluruh peserta didik di kelas dalam suatu permainan, dan memberikan edukasi terkait bullying. Strategi guru BK ini berkaitan
dengan perannya sebagai seorang guru yaitu berperan sebagai penasehat (menegur dan menasehati peserta didik), sebagai pendidik (mencari faktor penyebab terjadinya tindakan bullying), dan memberikan sanksi kepada pelaku bullying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Oky Ristya Trisnawati,S.Pd.,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 08 Feb 2025 03:39
Last Modified: 08 Feb 2025 03:39
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1479

Actions (login required)

View Item
View Item