Esti Astuti, NIM.19116652 (2023) Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Window Shopping Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di Ma Padureso. Diploma thesis, IAINU Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (333kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (584kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (138kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (412kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (255kB)
Abstract
ABSTRAK
Esti Astuti 19116652. Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Window Shopping Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di Ma Padureso. Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam kegiatan pembelajaran akidah akhlak di kelas X MIPA MA Padureso, diketahui masih ada beberapa siswa yang masih bermain-main saat proses pembelajaran di kelas, siswa masih
kurang tertarik dengan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, sehingga menyebabkan siswa merasa bosan dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, masih ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru saat
menjelaskan materi, siswa berbicara dengan teman sebangkunya, dan siswa juga
merasa tidak mampu memahami materi yang disampaikan oleh guru walaupun guru sudah berupaya menyampaikan materi dengan baik. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui penerapan model pembelajaran window shopping dala pembelajaran
akidah akhlak kelas X di MA Padureso dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MA Padureso dengan
menggunakan model pembelajaran window shopping.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X
MIPA MA Padureso yang berjumlah 18 siswa. Sumber data berasal dari siswa kelas X MIPA MA Padureso yang berjumlah 18 siswa, serta hasil observasi dan tes hasil belajar siswa setelah diberikan tindakan. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran window shopping merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas X MIPA MA Padureso.
Hasil belajar siswa pada pra siklus dengan nilai rata-rata sebesar 71,1 kemudian setelah melakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 73,35
dan nilai rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 80. Sedangkan tingkat persentase ketuntasan siswa pada pra siklus yaitu sebesar 38,9%, kemudian pada
siklus I setelah melakukan tindakan meningkat menjadi 61,1% atau meningkat sebesar 22,4% daripada kondisi pra siklus dan kemudian pada siklus II juga
mengalami peningkatan menjadi 88,9% atau meningkat sebesar 27,8% daripada siklus I
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing :Dr. Imam Subarkah,S.Pd.,M.Pd |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 23 Jan 2025 04:06 |
| Last Modified: | 23 Jan 2025 04:06 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1464 |
