Riski Priyatno, NIM : .20116848 (2024) Peran Guru Ngaji Dalam Meningkatkan Karakter Santri Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al Muqorrobin Desa Panjangsari Kecamatan Gombong. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (344kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (477kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (209kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (632kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (177kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (243kB)
Abstract
Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui peran guru ngaji dalam meningkatkan karakter santri aspek disiplin dan tanggung jawab di (TPQ) Al�Muqorrobin Desa Panjangsari Gombong; 2) Untuk mengetahui hasil dari peran guru ngaji dalam meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab santri di (TPQ) Al-Muqorrobin Desa Panjangsari Gombong. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Subjek yang diteliti adalah kepala TPQ Al Muqorrobin, Dewan Asatidz, Santri dan orang tua (wali santri). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan data model Miles dan Huberman yaitu; kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari analisis data yang sudah dilakukan adalah: 1.) Peran guru ngaji dalam meningkatkan karakter santri pada aspek disiplin dan tanggung jawab sebagai berikut : a.) Guru sebagai pendidik, guru sebagai motivator, guru sebagai evaluator. 2.) Hasil dari peran guru ngaji dalam meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab : a.) Aspek Disiplin : Sebagai pendidik; guru menjadikan diri sebagai suri tauladan, memberikan peraturan jadwal piket, hukuman. Guru sebagai motivator; guru ngaji memberikan cerita tokoh muslim yang sukses juga berpengaruh di dunia, memberikan hadiah dan apresiasi.Guru sebagai evaluator dibuktikan dengan adanya ujian, pembagian rapot. b.) Aspek Tanggung Jawab; Guru sebagai pendidik; dengan cara keteladanan dari guru, terlaksananya jadwal piket, mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru ngaji. Guru sebagai motivator; guru ngaji memberikan apresiasi hadiah yang melaksanakan tugas, menjalankan jadwal piket dan membangkitkan semangat santri untuk rajin melaksanakan shalat lima waktu. Guru sebagai evaluator; dibuktikan dengan mengetahui keberhasilan santri dalam melaksanakan tugas tanggung jawab.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Syukron Makmun, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Ngaji, Karakter, Disiplin, Tanggung Jawab, Santri Al Muqorrobin |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 29 Dec 2024 02:39 |
| Last Modified: | 29 Dec 2024 02:39 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1452 |
