Strategi Pengembangan Produk Untuk Menghadapi Persaingan Usaha Perspektif Etika Bisnis Islam (Pada Idustri Makanan Carabika di Klirong Kabupaten Kebumen)

Akrom Amrulloh, NIM. 2121243 (2025) Strategi Pengembangan Produk Untuk Menghadapi Persaingan Usaha Perspektif Etika Bisnis Islam (Pada Idustri Makanan Carabika di Klirong Kabupaten Kebumen). Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (714kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (171kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (269kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (70kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Pengembangan Produk dalam Menghadapi Persaingan Usaha pada industri makanan tradisional Carabika di Klirong, Kabupaten Kebumen, ditinjau dari perspektif etika bisnis islam. Penelitian ini di dasari oleh semakin ketatnya persaingan di industry makanan,yang menuntk pelaku usaha untuk mampu berinovasi,sekaligus berpegang kepada prinsip kejujuran, amanah, kecerdasan, dan keterbukaan sebagaimana diajarkan dalam etika bisnis islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap pemilik usaha. hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pengembangan produk meliputi inovasi bahan baku dengan mengganti santan dan susu untuk meningkatkan daya tahan produk. Penyesuaian ukuran sesuai permintaan konsumen, uji pasar sebelum peluncuran, serta penggunaan kemasan menarik. Strategi menghadapi persaingan usaha dilakukan melalui penetapan harga kompetitif, konsistensi distribusi, dan pantauan pesaing. Penerapan etika bisnis islam tercermin dalam nilai siddiq, amanah, fathanah, dan tabligh pada aspek produksi dan pemasaran.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Mukhsinun, S.H.I., M.E.I.,
Uncontrolled Keywords: strategi pengembangan produk, persaingan usaha, etika bisnis islam,carabika
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 27 Nov 2025 02:19
Last Modified: 27 Nov 2025 02:19
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/143

Actions (login required)

View Item
View Item