Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Tanahsari

Netia Rahmawati, NIM.202906, (2024) Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Tanahsari. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Netia Rahmawati 202906, “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Tanahsari.” Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas V SDN 2 Tanahsari, (2) untuk mengetahui tantangan guru dalam penerapan Kurikulum
Merdeka pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas V SD Negeri 2 Tanahsari pada tahun 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dari observasi satu kelas yaitu kelas V, dan melalui wawancara dengan guru kelas dan kepala sekolah. Peneliti menggunakan teknik analisis data, reduksi
data yaitu berupa penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk keabsahan data, peneliti menggunakan metodologi triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum merdeka sudah diterapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Guru membuat alur tujuan pembelajaran dan modul ajar berdasarkan Kurikulum Merdeka yang berasal dari pemerintah dengan mengembangkan sendiri dan disesuaikan dengan karakteristik sekolah dan kebutuhan siswa. Guru juga menerapkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang menjadi ciri khas Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran serta telah
melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi, yang memungkinkan guru untuk memenuhi kebutuhan belajar setiap siswa. Metode yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris seperti pembelajaran diskusi, problem based learning, dan direct method. Guru membagi tiga ranah penilaian yaitu kognitif,
keterampilan dan sikap. Tantangan yang dihadapi guru adalah keterbatasan waktu penyusunan perakngkat pembelajaran ,penyesuaian karakter siswa pada kurikulum sebelumnya dan guru harus kreatif dan inovatif dalam mengelola pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Nadia Raifah Nawa kartika,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2024 02:37
Last Modified: 16 Nov 2024 02:37
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1357

Actions (login required)

View Item
View Item