Muhammad Roiful Mahbub, NIM. 2012904 (2024) Analisis Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Dengan Media Gambar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V MI Sidomoro Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (804kB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (394kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kemampuan menulis karangan deskriptif dengan media gambar di kelas V MI Sidomoro, bagaimana peranan media gambar dalam menulis karangan deskriptif, dan dampak dari penggunaan media gambar dalam menulis karangan deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif deskriptif dengan fokus utama penelitiannya adalah kemampuan siswa kelas V MI Sidomoro dalam menulis karangan deskriptif dengan media gambar. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V MI Sidomoro, yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan model yang dikembangkan oleh Miles and Huberman yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan menulis karangan deskriptif menjadi lebih baik jika menggunakan media gambar. Penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis karangan deskriptif di MI Sidomoro terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa. Pada observasi awal tanpa media gambar, 38% siswa mengalami kesulitan dalam mengemukakan gagasan, 32% dalam mengorganisasi isi, 27% dalam tata bahasa, 24% dalam gaya penulisan dan ejaan, serta 24% dalam penggunaan tanda baca. Setelah penerapan media gambar, terjadi peningkatan signifikan: hanya 15% siswa masih mengalami kesulitan dalam mengemukakan gagasan, 18% dalam mengorganisasi isi, 15% dalam tata bahasa, 18% dalam gaya penulisan dan ejaan, serta 15% dalam penggunaan tanda baca. Meskipun demikian, tantangan seperti variasi kemampuan siswa, keterlibatan orang tua, dan keterbatasan fasilitas masih perlu diatasi untuk hasil yang lebih optimal.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Rose Kusumaningratri, M.A. |
| Uncontrolled Keywords: | Menulis Karangan Deskriptif, Media Gambar, dan Bahasa Indonesia |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 13 Nov 2024 02:53 |
| Last Modified: | 13 Nov 2024 02:53 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1352 |
