Peran Warga Sekolah dalam Membudayakan Minat Membaca Siswa di MI Al Hidayah Karangtanjung

Ela Yuniata Sari., NIM.2012894 (2024) Peran Warga Sekolah dalam Membudayakan Minat Membaca Siswa di MI Al Hidayah Karangtanjung. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (799kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ela Yuniata Sari. 2012894. Peran Warga Sekolah dalam Membudayakan Minat Membaca Siswa di MI Al Hidayah Karangtanjung. Tujuan penelitaian adalah : (1) untuk menganalisis minat baca siswa di MI Al Hidayah Karangtanjung; (2) untuk menganalisis peran warga sekolah dalam membudayakan minat membaca siswa.
Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Peran warga sekolah yang diteliti terdiri dari kepala sekolah, guru kelas, petugas perpustakaan dan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode study kasus. Teknik
pemgumpulan data berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumetasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan
simpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat membaca siswa di MI Al Hidayah Karangtanjung pada kelas IV, V, dan VI termasuk dalam kategori baik. Hasil tersebut sesuai dengan temuan penulis terlihat dari indikator perasaan senang siswa ketika membaca, ketertarikan siswa terhadap bacaan, keinginan siswa mencari bahan bacaan, serta kebutuhan siswa dalam membaca.
Peran warga sekolah untuk membudayakan minat membaca siswa terdiri atas tiga, yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan petugas perpustakaan. Sebagai leader kepala sekolah memberikan arahan pada guru kelas untuk melaksanakan program literasi, dan menyediakan pojok baca. Guru, sebagai motivator, pendamping, dan fasilitator melakukan pendampingan kepada siswa ketika melaksanakan kegiatan
literasi, memberikan reward kepada siswa yang rajin membaca, serta memfasilitasi siswa bahan bacaan yang menarik pada pojok baca. Petugas perpustakaan sebagai fasilitator bekerjasama dengan kepala sekolah dan guru kelas untuk menyediakan bahan bacaan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Muna Fauziyah,S.Pd.,M.Pd
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2024 03:33
Last Modified: 12 Nov 2024 03:33
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1344

Actions (login required)

View Item
View Item