Nilai Akhlak Empati dalam Novel Negeri 5 Menara

Umi Hoeriyah, NIM.20116938 (2024) Nilai Akhlak Empati dalam Novel Negeri 5 Menara. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf - Published Version

Download (782kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (631kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (722kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Umi Hoeriyah. 20116938. Nilai Akhlak Empati dalam Novel Negeri 5 Menara. Akhlak menaruh peran yang esensial serta mendasar pada kehidupan manusia yang dijadikan sebagai tema dalam novel. Salah satu novel yang mengandung nilai
akhlak empati adalah novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Penelitian ini mengkaji permasalahan tentang nilai akhlak empati dalam novel Negeri 5 Menara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai akhlak empati dalam novel Negeri 5 Menara. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif jenis literature study. Subjek
penelitian ini dari data asli novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi, Al-Qur’an, beragam literatur seperti jurnal, buku, situs internet, dan penelitian yang relevan.
Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah teknik telaah dokumen atau studi dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat sepuluh nilai akhlak empati dalam novel Negeri 5 Menara. Sepuluh nilai akhlak empati tersebut, yakni: menunjukkan kepekaan sosial atau memahami perasaan orang lain, menunjukkan kepekaan terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain, memahami orang lain secara tepat dari sikap tubuh, bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan nada bicara, memahami ekspresi yang ditunjukkan orang lain dan memberi reaksi yang tepat,
memahami kesedihan orang lain dan memberi respons yang tepat, menunjukkan bahwa ia mengerti perasaan orang lain, meneteskan air mata atau ikut bersedih ketika orang lain bersusah hati, menunjukkan kepedulian ketika orang lain diperlakukan tidak baik dan tidak adil, menunjukkan keinginan untuk memahami sudut pandang orang lain,
dan mengungkapkan secara lisan pemahaman terhadap perasaan orang lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Rose Kusumaning Ratri,S.S.,M.A
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:41
Last Modified: 11 Nov 2024 02:41
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1327

Actions (login required)

View Item
View Item