Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan pada Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Ma’arif 1 Kebumen. Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen

Siti Suryanti, NIM.1913188 (2023) Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan pada Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Ma’arif 1 Kebumen. Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (796kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Siti Suryanti. 1913188. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan pada Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Ma’arif 1 Kebumen. Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pemasaran jasa pendidikan pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Ma’arif 1 Kebumen, (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat serta pendukung pemasaran jasa pendidikan jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Ma’arif 1
Kebumen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Informan peneliti ini adalah Kepala SMK Ma’arif 1 Kebumen, Ketua Hubungan Industri, Ketua Program Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, Peserta Didik, Orang Tua Peserta Didik.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) strategi pemasaran jasa pendidikan pada jurusan Teknik Kendaraan Ringan yaitu terdiri dari proses perencanaan strategi, pengorganisasian sumber daya manusia, pelaksanaan strategi pemasaran, dan pengawasan pihak yang bersangkutan. (2) faktor penghambat serta pendukung yaitu sarana dan prasarana yang diharapkan oleh
masing-masing industri untuk praktik belum bisa terpenuhi, guru yang sedang melakukan pelatihan akan meninggalkan jam mengajar para peserta didik, Sekolah sulit menghubungi para alumni ketika ada lowongan pekerjaan; jurusan Teknik Kendaraan Ringan masih banyak dipercaya oleh peserta didik lulusan Sekolah Menengah Pertama, adanya kerjasama dengan para perusahaan, sumber daya manusia atau guru dengan lulusan yang baik, sarana dan prasarana yang baik untuk menunjang proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Agus Salim Chamidi,M.Pd.I
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2024 03:43
Last Modified: 10 Nov 2024 03:43
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item
View Item