Dwi Novita Sari, NIM. 19116609 (2023) Penerapan Model Pemnelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Dan Budi Pekerti Siswa Kelas XI Akutansi SMK Ma’arf 7 Kebumen Tahun Pelajaran 2023. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (666kB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (419kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akutansi SMK Ma’arif 7 Kebumen yang berjumlah…..siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipatif, tes wawancara, dokumentasi. Analisi data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Teknik yang digunakan adalah r4duksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan Penelitian: (1) Mengetahui apakah penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa di kelas XI Akutansi SMK Ma’arif 7 Kebumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Berkopetisi dalam Kebaikan dan Etos Kerja pada siswa kelas XI Akutansi SMK Ma’arif 7 Kebumen Pelajaran 2023 menjadi lebih meningkat Hal ini terbukti dari nilai rata kelas pada kondisi awal sebesar 70,83 meningkat pada Siklus I menjadi 74,65 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 79,65. Sedangkan persentase ketuntasan belajar pada kondisi awal sebesar 36% meningkat pada Siklus I menjadi 58% dan meningkat lagi pada Siklus II menjadi 89%. Dengan demikian ketuntasan hasil belajar secara klasikal sudah berhasil dicapai sesuai target awal yaitu 80% siswa mendapat nilai lebih dari KKM yang telah ditentukan sebelum penelitian.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Makhrur Adam Maulana, M.Ag. |
| Uncontrolled Keywords: | Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD, Prestasi Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 10 Nov 2024 02:59 |
| Last Modified: | 10 Nov 2024 02:59 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1314 |
