Alfina Khoerunisa, NIM. 20116941 (2024) Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MTs Mu’allimin Sruweng. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
HAL DEPAN.pdf - Published Version
Download (700kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
BAB II.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
BAB III.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (549kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Guru Aqidah Akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Mu’allimin Sruweng tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hal yang saya teliti di sini adalah bagaimana peran Guru Aqidah Akhlak dalam pembentukan karakter pada peserta didik di MTs Mu’allimin Sruweng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi , wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Guru Aqidah Akhlak di MTs Mu’allimin Sruweng sudah menjalankan perannya dala pembentukan karakter peserta didik, baik dalam kedudukannya sebagai pendidik, model dan teladan, fasilitator, motivator, evaluator, pengajar, pembimbing maupun pelatih, Peserta didik di MTs Mu’allimin Sruweng sudah memiliki karakter yang baik yaitu mereka memiliki karakter cinta tanah air, rasa hormat, kemandirian, ketakqaan, disiplin dan tanggung jawab, kecendekiaan, dan kejujuran. Karakter tersebut menjadi salah satu target dalam kegiatan pembelajaran aqidah akhlak di MTs Mu’allimin Sruweng. Faktor pembentukan karakter yang di lakukan Guru Aqidah Akhlak di MTs Mu’allimin Sruweng terdapat faktor penghambat maupun faktor pendukung. Faktor penghambatnya meliputi kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik, pergaulan teman yang kurang baik, penyalahgunaan media sosial yang kurang baik. Sedangkan faktor pendukungnya meliputi guru aqidah akhlak menerapkan teladan yang baik kepada peserta didik, adanya kesadaran dalam diri peserta didik, dan adanya kegiatan keagaaan.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. eliyanto, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Aqidah Akhlak, Pembentukan Karakter |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 07 Nov 2024 03:36 |
| Last Modified: | 07 Nov 2024 03:36 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1306 |
