Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Al Mukarromah Kebumen

Aulia Cahyani, NIM. 2012892 (2024) Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Al Mukarromah Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (997kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (550kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian adalah mendeskripsikan tahapan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I di MI Al Mukarromah Kebumen, mendeskripsikan problematika dari tahapan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I di MI Al Mukarromah Kebumen, dan mendeskripsikan solusi dari problematika yang muncul dalam tahapan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I di MI Al Mukarromah Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru kelas satu yang berjumlah 2 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di MI Al Mukarromah Kebumen terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Meskipun telah melakukan semua tahapan ini, pelaksanaannya belum maksimal dan masih terdapat problematika yang dihadapi yaitu kurangnya pelatihan bagi guru dalam menerapkan kurikulum yang berdampak pada kemampuan dalam menyusun rencana pembelajaran. Solusi yang disarankan mencakup penyelenggaraan pelatihan kurikulum dan pengembangan kompetensi guru, serta kerja sama untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Guru juga dianjurkan untuk mendalami dokumen kurikulum dan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan pemahaman mereka. Dengan demikian, pelatihan yang memadai sangat penting untuk memperkuat pemahaman guru di MI Al Mukarromah Kebumen tentang Kurikulum Merdeka. Kesimpulannya, pelatihan terkait kurikulum merdeka sangat penting untuk meningkatan pemahaman guru di MI Al Mukarromah Kebumen.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Nurhidayah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum merdeka, problematika, implementasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2024 02:53
Last Modified: 30 Oct 2024 02:53
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1296

Actions (login required)

View Item
View Item