AKHMAD ZIDNI AL MUBAROK, NIM. 20116903 (2024) Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Lailiyah Ad-Diniyah Dalam Mengembangkan Mutu Pembelajaran Di Pondok Pesantren Al Hidayah Bumirejo, Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (878kB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan bagaimana upaya kepemimpinan visioner kepala madrsah Lailiyah Ad-Diniyah dalam mengembangkan mutu pembelajaran di Pondok Pesantren Al Hidayah Bumirejo, Kebumen. (2) mendeskripsikan apa yang menjadi hambatan dalam kepemimpinan visioner kepala madrasah Lailiyah Ad-Diniyah dalam mengembangkan mutu pembelajaran di Pondok Pesantren Al Hidayah, Bumirejo, Kebumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dimana penulis mengumpulkan data dengan melakukan studi mendalam berupa wawancara dengan Pengasuh, Kepala Madrasah, Asatidz, dan lurah pondok sebagai key informant (pemberi informasi kunci di Pondok Pesantren) serta observasi terhadap fenomena yang terjadi dan mendokumentasikan data tersebut. kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan situasi yang bersifat fakta. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya kepemimpinan visioner kepala madrasah Lailiyah Ad-Diniyah dalam mengembangkan mutu pembelajaran di Pondok Pesantren Al Hidayah Bumirejo, Kebumen meliputi input yang terlihat pada diri seorang kepala madrasah dalam pembentukan asatidz pada rapat awal
tahun pembelajaran, proses dapat dilihat dengan menambah jam pengajian agar santri lebih memahami isi yang di ajarkan, output dapat di lihat dengan pengajian bandongan dimana santri menyimak kitab yang sedang dibacakan oleh kyai dengan maksud untuk mengetes sejauh mana pengetahuan santri tersebut. Adapun yang menjadi hambatan kepala madrasah untuk mengembangkan mutu pembelajaran agar tercapainya visi pondok pesantren terlihat pada kedisiplinan yang masih kurang dan sarana prasana yang masih kurang.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Faisal, M.Ag. |
| Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Visioner, Kepala Madrasah, Mutu Pembelajaran Pondok Pesantren Al Hidayah Kebumen |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 27 Oct 2024 03:47 |
| Last Modified: | 27 Oct 2024 03:47 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1284 |
