Pemahaman Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MI KHR Ilyas Rantewringin

Athi’ Kai Tanjua, NIM. 2012891 (2024) Pemahaman Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MI KHR Ilyas Rantewringin. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (691kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memperoleh informasi tentang tingkat pemahaman guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar di MI, masalah yang dianalisis pada penelitian ini adalah mengenai pemahaman guru pada pembelajaran berdiferensiasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (PPRA) dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, sedangkan obyek dalam penelitian adalah pemahaman guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar di MI dalam kategori baik. Hal ini dilihat dari aspek pemahaman guru dengan masing-masing indikator dengan hasil yang baik. Beberapa indikator tersebut diantaranya 1) Pemahaman Regulasi Kurikulum Merdeka; 2) Pemahaman buku panduan kurikulum merdeka; 3) Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka; 4) Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka; 5) Evaluasi Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Siti Fatimah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Guru, Pembelajaran Berdiferensiasi, P5 PPRA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2024 03:34
Last Modified: 27 Oct 2024 03:34
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1283

Actions (login required)

View Item
View Item