Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMK Bina Karya 2 Karanganyar Kebumen

BRILLIANTAMA NADIVA, NIM. 20116910 (2024) Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMK Bina Karya 2 Karanganyar Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (846kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi, efektivitas, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XII SMK Bina Karya 2 Karanganyar. Menggunakan metode campuran (mixed method), data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, pembagian angket kepada siswa, serta analisis dokumen kurikulum yang relevan. Hasil menunjukkan bahwa PAI diterapkan dengan beragam metode, termasuk ceramah, diskusi, proyek nyata, dan kegiatan ekstra keagamaan seperti program Senyum, Sapa, Salam (3S), Jumat Iman dan Infaq, serta Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT). Efektivitas pembelajaran PAI dinilai cukup baik, ditunjukkan oleh peningkatan pemahaman dan penerapan nilai-nilai akhlak siswa. Data kualitatif dari observasi dan wawancara menunjukkan bahwa metode yang digunakan efektif, meskipun tantangan seperti kurangnya perhatian dan kedisiplinan siswa masih menjadi hambatan. Data kuantitatif dari angket mendukung temuan bahwa berbagai kegiatan ekstra keagamaan, seperti program Jumat Iman dan Infaq serta MABIT, terbukti mampu meningkatkan akhlak siswa dengan baik. Faktor pendukung utama dalam pembelajaran PAI adalah kualitas tenaga pengajar yang kompeten, kurikulum yang terstruktur, serta dukungan dari lingkungan sekolah dan keluarga. Penelitian ini menyoroti pentingnya peran aktif siswa dalam proses pembelajaran serta kebutuhan pelatihan guru untuk mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif. Kerjasama antara sekolah dan orang tua juga sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran agama, sehingga pembentukan akhlak siswa dapat berjalan optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Maesaroh, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, efektivitas, faktor pendukung, faktor penghambat, akhlak siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2024 03:10
Last Modified: 27 Oct 2024 03:10
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1280

Actions (login required)

View Item
View Item