A Faatihun Nada, NIM. 2013221 (2024) Manajemen Guru PAI di SMK Ma'arif 1 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (704kB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (478kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana struktur tim kerja (teamwork) guru PAI di SMK Ma’arif 1 Kebumen. (2) Untuk mengetahui bagaimana manajemen guru PAI dalam menyusun rencana kerja untuk mencapai tujuan pembelajaran PAI, mengorganisirnya, melaksanakannya, dan mengevalusinya PAI di Sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem manajemen struktur kerja tim guru PAI ialah sistem “Teamwork” yang artinya kerjasama, dimana sistem kerjanya ialah setiap orang bekerja dengan keahlian dan kemampuan yang dimilikinya ketika anggota yang lain tidak memiliki kemampuan untuk melakukan sebuah pekerjaan tertentu dalam tim. Setiap rencana pembelajaran yang disusun ada tujuan hasil merupakan alat ukur tercapai atau tidaaknya tujuan pembelajaran. Manajemen guru PAI pada perencanaan malalui: (1) perencanaan yang baik para guru harus bermanajemen untuk menyusun rencana strategis pendidikan yang mencakup visi, misi, dan tujuan pendidikan yang jelas. (2) Pelaksanaan kegiatan-kegiatan keagamaan yang telah berlangsung dan berjalan di Sekolah tidak terlepas dari suksesnya sinergitas kerjasama seluruh pihak di sekolah dalam membantu menciptakan budaya Islami melalui pembiasan yang dilakukan setiap hari oleh siswa dengan adanya kegiatan-kegiatan keagamaan yang diadakan secara sistematis dan terarah. (3) Evaluasi dilakukan dari atasan, teman sejawat maupun siswa untuk mengetahui hal apa yang harus ditingkatkan kemudian mencari solusi yang tepat untuk memperbaiki diri lebih baik ke depan (4) Evaluasi dilakukan dari atasan, teman sejawat maupun siswa untuk mengetahui hal apa yang harus ditingkatkan kemudian mencari solusi yang tepat untuk memperbaiki diri lebih baik ke depan.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : H. Agus Salim Chamidi, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | teamwork, manajemen guru, pembelajaran |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 27 Oct 2024 02:46 |
| Last Modified: | 27 Oct 2024 02:46 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1278 |
