Analisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Pejagatan Kutowinangun Kebumen Tahun Ajaran 2023/2024

Fani Fitri Desiani, NIM. 2012897 (2024) Analisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Pejagatan Kutowinangun Kebumen Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (797kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kesulitan peserta didik dalam membaca di kelas III MI Pejagatan Kutowinangun. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif dengan objek penelitian kesulitan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III MI Pejagatan Kutowinangun Kebumen. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 3 dari 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan yang dialami oleh peserta didik yaitu adanya peserta didik yang belum sepenuhnya mengetahui bentuk huruf A sampai Z sehingga mereka sulit untuk mengeja bahkan membaca dengan benar, sulit mengeja kata yang panjang sehingga mereka sering mengulang pada saat mengeja, pemenggalan kata tidak tepat, tidak memperhatikan tanda baca. Faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca peserta didik adalah faktor eksternal dan faktor internal. Faktor yang berpengaruh yaitu minat peserta didik, perhatian dari orang tua, pendidikan pra sekolah, dan konsentrasi belajar. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca yaitu guru harus menggunakan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran di kelas, guru menggunakan sumber belajar seperti buku, buku tematik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Muna Fauziah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Analisis kesulitan membaca, peserta didik, sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2024 02:52
Last Modified: 26 Oct 2024 02:52
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1271

Actions (login required)

View Item
View Item