Zuntri Nisvatul Fauziyah, NIM. 20116860 and Drs. H. Mahrur Adam Maulana, M,Ag., NIDN. 2107076101 (2024) Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Metode An�Nahdliyah di TPQ SD Negeri 1 Karangduwur. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (647kB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (588kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an melalui metode An-Nahdliyah di TPQ Nahdlotuttolibin SD Negeri 1 Karangduwur, dan mengetahui faktor pendukung dan faktor hambatan implementasi baca tulis Al-Qur’an di TPQ Nahdlotuttolibin SD Negeri 1 Karangduwur. Adapun yang dapat melatarbelakangi penelitian ini yaitu dimana masih ada peserta didik yang sulit dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Dalam penelitian ini peneliti menemukan indikasi implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an melalui metode An-Nahdliyah di TPQ Nahdlotuttolibin SD Negeri 1 Karangduwur. Metode yang peneliti gunakan yaitu menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV di TPQ Nahdlotuttolibin SD Negeri 1 Karangduwur Tahun Pelajaran 2023/2024. Berdasarkan hasi penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an ini menggunakan metode An-Nahdliyah menggunakan stik,tuding pulpen atau pensil yang peserta didik miliki sebagai alat ukur untuk mengetahui panjang dan pendeknya bacaan. Dengan menggunakan metode An-Nahdliyah dengan ketukan ini peserta didik lebih mudah memahami bacaan Al-Qur’an. Faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an melalui metode An-Nahdliyah yaitu pengajar, peserta didik, lingkungan, motivasi orangtua, ruangan yang nyaman, dan peralatan belajar. (2) Faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an peserta didik TPQ Nahdlotuttolibin SD Negeri 1 Karangduwur yaitu pengajar, peserta didik, lingkungan keluarga, kurangnya motivasi orangtua, keterbatasan ruangan, masih banyak peserta didik yang belum mengenal tajwid, sulit mengkondisikan peserta didik saat dikelas, jumlah peserta didik yang banyak dan jumlah guru yang sedikit.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Makhrur Adam Maulana, M.Ag. |
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, Metode An�Nahdliyah |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 24 Oct 2024 03:06 |
| Last Modified: | 24 Oct 2024 03:06 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1267 |
