Nurul Amalia, NIM. 20116891 and Nurhidayah, M.Pd., NIDN. 2101068201 (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
BAGIAN AWAL.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
BAB II.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
BAB III.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
BAB IV.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami perencanaan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Kebumen, permasalahan perencanaan Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Negeri 1 Kebumen, serta solusi dalam mengatasi permasalahan perencanaan Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Negeri 1 Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengambil objek SMK Negeri 1 Kebumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melibatkan lima tahap: guru menganalisis Capaian Pembelajaran (CP), guru menyusun TP/ATP, guru menyusun modul ajar/RPP, guru merancang pembelajaran berdiferensiasi, guru menyusun asesmen sesuai profil belajar siswa, serta projek P5. Permasalahan yang muncul dalam Implementasi Kurikulum Merdeka adalah kurangnya pelatihan yang diikuti terkait implementasi kurikulum merdeka, pembelajaran terdiferensiasi yang belum maksimal, belum merubah mindset. Solusi mengatasi masalah tersebut adalah mengikuti pelatihan, dan berbagi pengalaman dengan sesama pendidik atau pihak yang lebih berpengalaman agar pembelajaran bisa lebih terdiferensiasi dengan baik.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Nurhidayah, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Merdeka, Permasalahan, PAI |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 24 Oct 2024 02:36 |
| Last Modified: | 24 Oct 2024 02:36 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1264 |
