Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Kebumen

Nurul Amalia, NIM. 20116891 and Nurhidayah, M.Pd., NIDN. 2101068201 (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami perencanaan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Kebumen, permasalahan perencanaan Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Negeri 1 Kebumen, serta solusi dalam mengatasi permasalahan perencanaan Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Negeri 1 Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengambil objek SMK Negeri 1 Kebumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melibatkan lima tahap: guru menganalisis Capaian Pembelajaran (CP), guru menyusun TP/ATP, guru menyusun modul ajar/RPP, guru merancang pembelajaran berdiferensiasi, guru menyusun asesmen sesuai profil belajar siswa, serta projek P5. Permasalahan yang muncul dalam Implementasi Kurikulum Merdeka adalah kurangnya pelatihan yang diikuti terkait implementasi kurikulum merdeka, pembelajaran terdiferensiasi yang belum maksimal, belum merubah mindset. Solusi mengatasi masalah tersebut adalah mengikuti pelatihan, dan berbagi pengalaman dengan sesama pendidik atau pihak yang lebih berpengalaman agar pembelajaran bisa lebih terdiferensiasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Nurhidayah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Permasalahan, PAI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2024 02:36
Last Modified: 24 Oct 2024 02:36
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1264

Actions (login required)

View Item
View Item