Ana Rizki Fatimah, 1812830 (2022) Efektivitas Penggunaan Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Kelas III di SD Negeri Keditan Magelang. Diploma thesis, IAINU Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (511kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
Abstract
ABSTRAK
AnaRizkiFatimah.1812830. Efektivitas Penggunaan Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Kelas III di SD Negeri Keditan Magelang.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penggunaan metode Role Playing dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa kelas III di SD
Negeri Keditan Magelang, (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Role Playing dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa Kelas III
di SD Negeri Keditan Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian
kualitatif deskriptif dengan mengambil latar SD Negeri Keditan Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Krismiyati, S.Pd selaku Kepala
Sekolah Dasar Negeri Keditan, Ana Masruroh, S.Pd selaku wali kelas III, dan siswa – siswi kelas III. Kemudian data tersebut dianalisis melalui reduksi data kemudian penyajian data serta kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan (1) penggunaan metode role playing dalam pembelajaran keterampilan meliputi penentukan materi, penentuan peran,
pengamat, kemudian menyusun perencanaan dilanjutkan dengan praktek dan evaluasi (2) metode role playing dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa dikatakan efektif yaitu tuntasnya hasil belajar siswa, siswa aktif
dalam pembelajaran berlangsung, respon yang baik dan positif, serta kemampuan guru dalam mengelola kelas dikategorikan baik
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Atim Rinawati,M.Pd |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 14 Oct 2024 01:58 |
| Last Modified: | 14 Oct 2024 01:58 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1253 |
