Implementasi Kegiatan Mengaji dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Siswa MTs Plus Nurul Ihsan Muktisari, Kebumen

Hilmi, NIM. 20116917 and Nginayatul Khasanah, M.Pd.I, NIDN. 2112018702 (2024) Implementasi Kegiatan Mengaji dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Siswa MTs Plus Nurul Ihsan Muktisari, Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (727kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kegiatan mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an bagi siswa MTs Plus Nurul Ihsan Muktisari, Kebumen. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar bagi siswa di lembaga pendidikan Islam. Kegiatan mengaji menjadi salah satu langkah yang efektif dalam pembelajaran Al-Qur’an di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa MTs Plus Nurul Ihsan Muktisari, Kebumen, yang mengikuti kegiatan mengaji. Teknis analisis datanya berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan mengaji Al�Qur’an di MTs Plus Nurul Ihsan Muktisari, Kebumen, memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an para siswa. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin dengan bimbingan dari para guru yang ahli di bidangnya. Beberapa metode pengajaran yang digunakan meliputi talaqqi (tatap muka langsung), tadarus (membaca bersama), dan tahfidz (menghafal). Pendekatan yang bersifat personal serta motivasi yang diberikan oleh para guru menjadi faktor penting dalam meningkatkan minat dan semangat siswa dalam belajar membaca Al-Qur’an. Selain itu, dukungan dari pihak sekolah dan orang tua turut berperan dalam kesuksesan program mengaji ini. Peningkatan kemampuan membaca Al�Qur’an siswa terlihat dari perkembangan dalam aspek kefasihan, kelancaran, dan ketepatan membaca. Para siswa yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an mengalami kemajuan yang signifikan setelah mengikuti kegiatan ini secara teratur. Selain dari kemampuan membaca, pemahaman siswa terhadap ilmu tajwid dan makharijul huruf (tempat keluarnya huruf) juga mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan mengaji tidak hanya memperbaiki aspek teknis membaca, tetapi juga meningkatkan pemahaman siswa terhadap kaidah-kaidah dasar dalam membaca Al-Qur'an dengan benar dan tepat.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Nginayatul Khasanah, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Mengaji, Membaca Al-Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2024 01:43
Last Modified: 10 Oct 2024 01:43
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item
View Item