Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II di MI Ma’arif Wotbuwono Klirong

Feni Anggraeni, NIM. 2012896 and Oky Ristya Trisnawati, M.Pd., NIDN. 2106109102 (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II di MI Ma’arif Wotbuwono Klirong. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (732kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II di MI Ma’arif Wotbuwono Klirong sebelum penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT); (2) untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II di MI Ma’arif Wotbuwono Klirong setelah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan desain eksperimen semu (quasi eksperimental design). Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas II di MI Ma’arif Wotbuwono Klirong yang berjumlah 54 peserta didik dengan 28 peserta didik dari kelas II A dan 26 peserta didik dari kelas II B. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan membaca permulaan, yang terdiri dari pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif serta uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil pretest sebelum penerapan model Teams Games Tournament (TGT), kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II di MI Ma’arif Wotbuwono Klirong tergolong rendah, dengan rata-rata nilai 62,3. Peserta didik mengalami kesulitan dalam mengenali huruf, menggabungkan huruf menjadi kata, dan membaca kalimat sederhana, menunjukkan perlunya metode pembelajaran yang lebih efektif. (2) Model TGT secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca permulaan, dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mencapai 74,4, dibandingkan dengan 65 di kelas kontrol. Uji Independent Samples Test menghasilkan nilai signifikansi (sig) dua arah (2-tailed) sebesar 0,014, yang lebih kecil dari 0,05, menunjukkan pengaruh positif yang signifikan dari model TGT.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembibming : Oky Ristya Trisnawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TGT, Membaca Permulaan, Pendidik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2024 02:59
Last Modified: 05 Oct 2024 02:59
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1245

Actions (login required)

View Item
View Item