Efektivitas Pembelajaran Kitab Risalatul Mahiḍ Di Madrasah Roudlotul Huda Kebumen

Titi Apriliani, NIM.20116937 (2024) Efektivitas Pembelajaran Kitab Risalatul Mahiḍ Di Madrasah Roudlotul Huda Kebumen. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (781kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Titi Apriliani. 20116937. Efektivitas Pembelajaran Kitab Risalatul Mahiḍ Di
Madrasah Roudlotul Huda Kebumen. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pembelajaran kitab Risalatul Mahiḍ di kelas shifir C Madrasah Roudlotul Huda Kebumen; (2) Untuk mengetahui pengalamann belajar santriwati setelah pembelajaran Kitab Risalatul Mahiḍ di kelas shifir C Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Kebumen; (3) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Kitab Risalatul Mahiḍ di kelas shifir C Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Kebumen.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran Kitab Risalatul Mahiḍ di kelas shifir C sebagai subjek penelitian. Adapun proses pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi,
dan dokumentasi kegiatan belajar Madrasah Diniyah Roudlotul Huda serta pengalaman belajar santri setelah mengikuti pembelajaran Kitab Risalatul Mahiḍ kelas shifir C. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran kitab Risalatul Mahiḍ di kelas shifir C Madrasah Diniyah Roudlotul Huda telah dilaksanakan secaara baik dengan proses pembelajaran menggunakan meliputi
persiapan sebelum memulai belajar, pelaksanaan kegiatan belajar menggunakan metode ceramah, dan evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan
setiap akhir semester yakni pada Imtihan Awwalussanah (Ujian Akhir Semester Gasal) dan Imtihan Akhirussanah (Ujian Akhir Semester Genap); (2) Setelah mempelajari kitab Risalatul Mahiḍ di kelas shifir C santriwati memiliki
pengalaman belajar yang baik dan memahami hukum-hukum darah haid seperti tata cara shalat yang harus di di qaḍa jika bertepatan dengan datangnya haid, hal-hal yang diharamkan bagi orang yang sedang haid, dan hukum darah yang terputusputus; (3) Pembelajaran kitab Risalatul Mahiḍ di kelas shifir C Madrasah Roudlotul Huda Kebumen bisa dikatakan efektif. Pengetahuan santriwati bertambah setelah
mengikuti pembelajaran kitab Risalatul Mahiḍ, selain itu guru juga melakukan usaha-usaha dalam menciptakan pembelajaran yang

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Nginayatul Khasanh,M.Pd.I
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2024 03:36
Last Modified: 03 Oct 2024 03:36
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1244

Actions (login required)

View Item
View Item