Pembelajaran Kitab Alala Tanalul ‘Ilma Dalam Pembentukan Karakter Siswa di Boarding School SMP Negeri 1 Kebumen.

Rani Saputri, NIM.20116926 (2024) Pembelajaran Kitab Alala Tanalul ‘Ilma Dalam Pembentukan Karakter Siswa di Boarding School SMP Negeri 1 Kebumen. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rani Saputri. 20116926. Pembelajaran Kitab Alala Tanalul ‘Ilma Dalam Pembentukan Karakter Siswa di Boarding School SMP Negeri 1 Kebumen. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pembelajaran kitab Alala Tanalul `Ilma di boarding school SMP N 1 Kebumen. (2) Untuk mengetahui hasil
pembentukan karakter religius siswa melalui pembelajaran kitab Alala Tanalul `Ilma. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala
sekolah, kepala boarding school, Guru boarding school, dan siswa boarding school SMP Negeri 1 Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan yang telah dilakukan adalah pembelajaran kitab Alala Tanalul ‘Ilma yang diikuti oleh siswa kelas VII menggunakan tiga langkah pembelajaran yaitu
pembukaan, inti, dan penutup. Metode pembelajaran menggunakan metode bandongan, sorogan, demonstrasi, dan tanya jawab. Media pembelajaran menggunakan kitab Alala Tanalul ‘Ilma dan terjemahannya. Evaluasi dilakukan
dengan tes tertulis yang dilaksanakan pada setiap akhir semester. Melalui Pembelajaran kitab Alala Tanalul ‘Ilma dapat membentuk karakter siswa yaitu sabar, bekerja keras, jujur, menghormati guru, dan disiplin. Pembentukan karakter religius siswa di boarding school dilakukan dengan pembiasaan, keteladanan, dan penegakan aturan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Syukron Makmun,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:09
Last Modified: 01 Oct 2024 03:09
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1241

Actions (login required)

View Item
View Item