. Peran Guru dalam Memotivasi Peserta Didik pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Batik Sakti 2 Kebumen

Ayu Indriyani, NIM. 20116826 and Dr. Sudadi, M.Pd.I., NIDN. 2112105601 (2024) . Peran Guru dalam Memotivasi Peserta Didik pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Batik Sakti 2 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam memotivasi peserta didik pada implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Batik Sakti 2 Kebumen. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, melibatkan guru dan peserta didik sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sangat krusial dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. Guru memiliki peran sebagai motivator, fasilitator, teladan, dan kolaborator. Guru yang memahami prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka mampu merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, sehingga meningkatkan motivasi belajar. Upaya motivasi yang diterapkan antara lain menciptakan lingkungan kelas yang kondusif, memberikan umpan balik dan penguatan, menggunakan variasi strategi pembelajaran, melibatkan peserta didik secara aktif, dan memberikan bimbingan dan konseling. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor penghambat, seperti pemahaman peserta didik terhadap kurikulum merdeka dan keterbatasan sarana dan prasarana. Oleh karena itu, diperlukan dukungan dari pihak sekolah dan kesiapan guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sudadi, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Motivasi, Implementasi Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 21 Sep 2024 03:05
Last Modified: 21 Sep 2024 03:05
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1223

Actions (login required)

View Item
View Item