Penguatan Karakter Islami Peserta Didik Melalui Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Bina Karya 1 Karanganyar

Gilang Ramadhan, NIM.20116994 (2024) Penguatan Karakter Islami Peserta Didik Melalui Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Bina Karya 1 Karanganyar. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Gilang Ramadhan. 20116994. Penguatan Karakter Islami Peserta Didik Melalui Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMK Bina Karya 1 Karanganyar.
Tujuan penelitian: (1) mendeskripsikan mekanisme implementasi pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Bina Karya 1
Karanganyar. (2) mengetahui bagaimana karakter Islami peserta didik SMK Bina Karya 1 Karanganyar setelah implementasi pembelajaran kontekstual pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif. Peserta didik yang diteliti adalah
kelas XI Teknik Pemesinan 1-4 yang berjumlah 142 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan pembelajaran yang mengimplementasikan pendekatan
pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan sikap peserta didik setelah implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual. Teknik
analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) mekanisme implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual dilaksanakan dengan tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. 2) implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI kelas XI TP 1-4 SMK Bina Karya 1 Karanganyar peneliti menyimpulkan berhasil. Hal ini terbukti dari data hasil penelitian yang menunjukan bahwa karakter peserta didik mengalami perubahan kearah yang
lebih baik, baik pada karakter Siddiq, Amanah, Fathanah, dan Tabligh. Harapannya, implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual dapat dilaksanakan lebih mendalam untuk menguatkan karakter Islami peserta didik sesuai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Atim Rinawati,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2024 03:01
Last Modified: 18 Sep 2024 03:01
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1220

Actions (login required)

View Item
View Item