Pengaruh Metode Praktikum Berbasis Inquiry Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perpindahan Kalor Siswa Kelas V B di MI Ma’arif NU Karangsari Kebumen

Herlina Rozaqti, NIM. 2012898 and Oky Ristya Trisnawati, M.Pd., NIDN. 2106109102 (2024) Pengaruh Metode Praktikum Berbasis Inquiry Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perpindahan Kalor Siswa Kelas V B di MI Ma’arif NU Karangsari Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (792kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah : (1) untuk mendeskripsikan penerapan metode praktikum berbasis inquiry terhadap hasil belajar IPA materi perpindahan kalor pada siswa kelas V B di MI Ma’arif NU Karangsari Kebumen; (2) untuk mendeskripsikan pengaruh metode praktikum berbasis inquiry terhadap hasil belajar IPA materi perpindahan kalor pada siswa kelas V B di MI Ma’arif NU Karangsari Kebumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Desain ini menggunakan dua kali pengukuran terhadap pemahaman siswa tentang materi perpindahan kalor yang akan dijadikan sampel. Pengukuran pertama pretest dilakukan untuk mengetahui pemahaman siswa sebelum diberikan perlakuan diterapkannya metode praktikum berbasis inquiry. Kedua posttest adalah pemberian test kepada siswa untuk mengetahui pemahaman siswa setelah diterapkan metode praktikum berbasis inquiry. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A dan B MI Ma’arif NU Karangsari Kebumen sebanyak 37 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat penerapan metode praktikum berbasis inquiry dilakukan dengan enam langkah, yaitu : menyajikan masalah, menyusun hipotesis, merancang percobaan, melakukan percobaan, menganalisis data dan menyimpulkan. Kemudian pengaruh metode praktikum berbasis inquiry dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang memperoleh nilai sig yang bernilai 0.001 dimana nilai tersebut sesuai dengan kriteria tolak Ho. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dimana Ha berbunyi “Terdapat pengaruh metode praktikum berbasis inquiry terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas V B di MI Ma’arif NU Karangsari”.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Oky Ristya Trisnawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Praktikum, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2024 02:19
Last Modified: 18 Sep 2024 02:19
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1219

Actions (login required)

View Item
View Item