Anjani Rizkiana, NIM.20116825 (2024) Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Program Pendidikan Kesetaran Paket C Kelas XI Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ubaya Mukti Purbalingga. Diploma thesis, IAINU Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (863kB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (855kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (866kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
ABSTRAK
Anjani Rizkiana. 20116825. Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Program Pendidikan Kesetaran Paket C Kelas XI Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ubaya Mukti Purbalingga. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada program pendidikan kesetaran Paket C kelas XI di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Ubaya Mukti Purbalingga; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada program pendidikan kesetaran Paket C kelas XI di
pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Ubaya Mukti Purbalingga. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif. Informan dalam penelitisn ini adalah ketua PKBM Ubaya Mukti, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas
XI. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI pada program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Ubaya Mukti Purbalingga belum efektif. Dikarenakan kurangnya waktu pembelajaran belum memenuhi standar prosedur waktu pembelajaran tatap muka untuk kegiatan pembelajaran paket C yang seharusnya dalam satu jam pembelajaran 45 menit sedangkan di paket C PKBM Ubaya Mukti hanya 30 menit. Proses kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI
pada Program Paket C di PKBM Ubaya Mukti Purbalingga sudah berjalan sesuai prosedur yang ada dan tidak terlepas dari komponen pembelajaran yaitu (a) tujuan pembelajaran, (b) bahan pembelajaran, (c) metode pembelajaran, (d) media
pembelajaran, (e) guru, (f) siswa, (g) evaluasi. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI pada program Paket C dapat berjalan dengan baik karena pengelolaan kelas yang meyenangkan sehingga proses pembelajaran tersebut bisa
berjalan dengan baik dan kebermaknaan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan; (2) Didalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI pada program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Ubaya Mukti
Purbalingga terdapat faktor pendukung dan penghambat efektivitas pembelajaran. Faktor pendukung mulai dari motivasi yang tinggi dalam diri siswa ingin mempelajari ilmu agama yang lebih mendalam, tuntutan zaman, faktor psikologis
siswa, adanya dukungan dari orang tua, tuntutan pekerjaan, kompetensi guru dalam menguasai materi, metode, media, pengelolaan kelas serta interaksi dan komunikasi
yang baik antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Kemudian faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas XI paket C seperti kurangnya waktu pembelajaran, kondisi cuaca dan keberangkatan siswa yang tidak menentu dengan berbagai macam kesibukan
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing :Dr. Imam Subarkah,S.Pd.,M.Pd |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 09 Sep 2024 04:03 |
| Last Modified: | 09 Sep 2024 04:03 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1208 |
