Pengembangan Instrumen Pembelajaran Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Penyajian Data Menggunakan Quizizz Di Kelas IV SD Alam Lukulo Kebumen

Widia Khusnul Khotimah, NIM. 2012914 and Dr. Maryanto, M.Sc., NIDN. 2114028202 (2024) Pengembangan Instrumen Pembelajaran Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Penyajian Data Menggunakan Quizizz Di Kelas IV SD Alam Lukulo Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB II.pdf]
Preview
Text
2. BAB II.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian pembelajaran yang valid dan praktis berbasis HOTS menggunakan aplikasi quizizz. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas IV SD Alam Lukulo yang berjumlah 6 orang sebaga subjek. Instrumen penelitian terdiri dari angket validasi ahli materi, angket validasi ahli bahasa, dan angket respon pendidik serta hasil wawancara peserta didik. Data yang dihasilkan dari pengumpulan data menggunakan instrumen selanjutnya dianalisis validitas dan kepraktisannya. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) rerata nilai validasi materi sebesar 50 yang masuk dalam tingkat pencapaian interval ≥81,5 – 100 pada presentase 100% dengan kriteria sangat valid, rerata nilai validasi bahasa sebesar 23 yang masuk dalam tingkat pencapaian interval ≥81,5 – 100 pada presentase 92% dengan kriteria sangat valid; (2) rerata nilai respon pendidik sebesar 51 yang masuk dalam tingkat pencapaian interval 86 - 100 pada presentase 92,75 dengan kriteria sangat praktis; (3) tingkat kepraktisan peserta didik adalah produk instrumen penilaian berbasis HOTS menggunakan quizizz sangat menarik dan meningkatkan semangat peserta didik. jadi instrumen penilaian berbasis HOTS menggunakan quizizz memenuhi kriteria valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Amryanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Instrumen penilaian, HOTS, quizizz
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:43
Last Modified: 29 Aug 2024 02:43
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1200

Actions (login required)

View Item
View Item