SALAMATUNISA, NIM. 19116746 and Fibriyan Irodati, M.Pd.I., NIDN. 2120029101 (2023) Pembelajaran Tajwid Melalui Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur‟an (BTQ) Pada Kelas VI Di SDN 1 Tanggeran Kec. Somagede Kab. Banyumas. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (848kB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (782kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (689kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini memiliki dua tujuan utama: (1) Menganalisis pelaksanaan pembelajaran tajwid melalui ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) di kelas VI SDN 1 Tanggeran, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas. (2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses pembelajaran tajwid melalui ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) di kelas VI SDN 1 Tanggeran, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian mencakup kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, ustazah Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ), serta peserta didik kelas VI. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif yang melibatkan reduksi data, penyajian data, serta verifikasi atau penarikan kesimpulan oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini mencakup beberapa hal sebagai berikut: (1) Proses pembelajaran tajwid melalui ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) terdiri dari perencanaan dan pelaksanaan. (2) Perencanaan pembelajaran tajwid melalui ekstrakurikuler BTQ mencakup tujuan pembelajaran, materi yang akan disampaikan, metode pengajaran yang digunakan, dan metode penilaian. (3) Pelaksanaan pembelajaran tajwid melalui ekstrakurikuler BTQ sama dengan pembelajaran formal, meliputi kegiatan awal, inti, dan akhir. (4) Faktor-faktor yang mendukung pembelajaran tajwid melalui ekstrakurikuler BTQ termasuk sarana dan prasarana sekolah yang memadai, minat tinggi dari peserta didik, serta konsistensi pihak sekolah dalam menjalankan program pembelajaran tajwid. (5) Faktor-faktor yang menghambat pembelajaran tajwid melalui ekstrakurikuler BTQ mencakup penumpukan jadwal dengan kegiatan kompetitif dari kecamatan, biaya operasional untuk pembelajaran tajwid, dan adanya peserta didik yang belum memiliki kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Fibriyan Irodati, M.Pd.I. |
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran tajwid, Ektrakurikuler, Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 03 Aug 2024 03:36 |
| Last Modified: | 03 Aug 2024 03:36 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1180 |
