Kuat Rachmat Hidayat, NIM.19116784 (2023) Peran Boarding School dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlak di Lingkungan SMK Ma‟arif 5 Gombong. Diploma thesis, IAINU Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (371kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
ABSTRAK
Kuat Rachmat Hidayat. 19116784. Peran Boarding School dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlak di Lingkungan SMK Ma‟arif 5 Gombong. Latar Belakang Penelitian ini adalah permasalahan permasalahan akhlak yang ditemui di lingkungan SMK Ma‟arif 5 Gombong. Tujuan Penelitian adalah : (1) Mengetahui tentang Peran Boarding School dalam Menanamkan Nilai Nilai Aklak di Lingkungan SMK Ma‟arif 5 Gombong; (2) faktor pendorong dan penghambat proses penanaman nilai nilai Akhlak di
lingkungan SMK Ma‟arif 5 Gombong;(3) Hasil dari Boarding School dalam menanamkan nilai nilai Aklak di lingkungan SMK Ma‟arif 5 Gombong. Metode yang digunakan dengan pendekatan kualitatif. Adapun desain penelitiannya adalah deskriptif. Data diperoleh dalam penelitian ini berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan untuk analisis data penulisan menggunakan analisis orientasi deksripsi. Teknik pengolahan data menggunakan analisis kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peran Boarding School dalam menannamkan akhlak pada peserta didik di lingkungan SMK Ma‟arif 5 Gombong sangatlah efektif dan memiliki pengaruh yang besar
bagi sekolah. Peran Boarding School dirasakan disegala sisi di sekolah, baik dalam Boarding School maupun luar Boarding School. Peran Boarding School terhadap penanaman akhlak memberikan efek lain yang juga bersifat positif yakni
terhadap peserta didik umum dan lingkungan sekolah. Peserta didik umum secara tidak langsung akan mengukti peserta didik lain yang mengikuti Boarding School yang nantinya secara berlahan akan membahawa perubahan kepribadian dan akhlak seluruh peserta didik di sekolah tersebut. Perubahan peserta didik ini, yang memberikan dampak lain juga terhadap lingkungan sekolah, menjadi lingkungan yang lebih baik, ramah dan nyaman. Dan yang paling terpenting adalah
lingkungan berakhlak yang memberikan bekal peserta didiknya untuk masa yang akan datang.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Sudadi,M.Pd.I |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 01 Aug 2024 03:06 |
| Last Modified: | 01 Aug 2024 03:06 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1178 |
