Penerapan Model Experiential Learning dalam Pembelajaran Shalat di SD Negeri 2 Pujodadi Tahun Pelajaran 2023/2024

Bin Hasan, NIM. 2211012 and Oky Ristya Trisnawati, M.Pd., NIDN. 2106109102 (2023) Penerapan Model Experiential Learning dalam Pembelajaran Shalat di SD Negeri 2 Pujodadi Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) bagaimana penerapan model experiential learning dalam pembelajaran shalat di SD Negeri 2 Pujodadi Tahun Pelajaran 2023/2024. (2) apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan model experiential learning dalam pembelajaran shalat di SD Negeri 2 Pujodadi Tahun Pelajaran 2023/2024, permasalahan tersebut dibahas melalui pendekatan kualitatif fenomelogi yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 2 Pujodadi, data diperoleh melalui tiga metode berbeda, yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Setelah data diperoleh, langkah selanjutnya adalah melakukan analisis data dengan menggunakan tiga tahapan utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) sangat sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran shalat di SD Negeri 2 Pujodadi. Model ini memanfaatkan pengalaman peserta didik, yang pada akhirnya memfasilitasi pemahaman materi dengan lebih baik dan merangsang partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Dapat dilihat dari semangat peserta didik dalam menjalankan shalat berjamaah pada shalat dhuhur sebagai bukti efektivitas model pembelajaran ini. Disamping itu, model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) tidak hanya berfokus pada pengalaman yang dialami peserta didik, tetapi juga bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang memorable dan membangun rasa percaya diri pada mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Oky Ristya Trisnawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Experiential Learning, Pembelajaran Shalat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2024 02:25
Last Modified: 27 Jul 2024 02:25
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item
View Item