Penerapan Metode Discovery Learning sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Kelas VIII MTs Tarbiyatul „Ulum Tirtomoyo Tahun Pelajaran 2022/2023

Anisa Rizki Alifah, NIM.19116605 and Oky Ristya Trisnawati,M.Pd, . (2023) Penerapan Metode Discovery Learning sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Kelas VIII MTs Tarbiyatul „Ulum Tirtomoyo Tahun Pelajaran 2022/2023. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (907kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (201kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (577kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (277kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (184kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB)

Abstract

ABSTRAK
vii
Anisa Rizki Alifah. 19116605. Penerapan Metode Discovery Learning sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Kelas VIII MTs Tarbiyatul „Ulum Tirtomoyo Tahun Pelajaran 2022/2023.
Pendidikan merupakan kunci segala kemajuan dan pembaharuan yang berkualitas. Untuk menciptakan proses pembelajaran berkualitas, maka diperlukanya metode yang tepat. Metode discovery learning merupakan metode yang tepat karena proses kegiatan belajar yang dipimpin siswa dilakukan dengan
observasi, menanya, analisis atau penalaran data, eksperimen mandiri, dan komunikasi hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana penerapan metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih pada kelas
VIII MTs Tarbiyatul Ulum Tirtomoyo; (2) apakah metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih pada kelas VIII MTs Tarbiyatul
Ulum Tirtomoyo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Siswa yang diteliti
adalah siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul „Ulum tirtomoyo. Jumlah siswa yang diteliti pada kelas eksperimen adalah 16 siswa dan pada kelas kontrol adalah 15 siswa. Analisis data yang digunakan adalah independent simple t test dan dilakukan uji pra syarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan metode discovery learning mata pelajaran Fiqih ada 3 kegiatan yang dilakukan yaitu: 1)
kegiatan pendahuluan; 2) kegiatan inti; 3) kegiatan penutup. (2) Metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari hasil nilai rata-rata
posttest siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode discovery learning sebesar 89.06, sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional sebesar 81.33. Hal ini menunjukan adanya perbedaan hasil
belajar siswa kelas eksperimen mata pelajaran Fiqih yang menggunakan metode discovery learning dibandingkan dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqih menggunakan metode konvensional. Maka, pembelajaran menggunakan metode discovery learning lebih efektif dibanding pembelajaran menggunakan metode konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih pada kelas VIII MTs Tarbiyatul „Ulum Tirtomoyo Kecamatan Poncowarno

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Oky Ristya Trisnawati,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:29
Last Modified: 19 Oct 2023 02:29
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item
View Item