Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di SMP Muhammadiyah Sempor Kabupaten Kebumen

Nabilah Amalliyah, 19116794 (2023) Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di SMP Muhammadiyah Sempor Kabupaten Kebumen. Other thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (700kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (290kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (125kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses penerapan P5 dan mendeskripsikan bagaimana pengembangan karakter peserta didik di SMP Muhammadiyah Sempor Kabupaten Kebumen melalui P5. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif yang mengambil data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi di SMP Muhammadiyah Sempor Kabupaten Kebumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMP Muhammadiyah Sempor Kabupaten Kebumen dalam menerapkan P5 melalui tiga tahap, diantaranya : perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan hal-hal yang dilakukan diantaranya : Membentuk Koordinator dan Tim Fasilitator Proyek, Mengidentifikasi Tingkat Kesiapan Sekolah, Merancang tema dan alokasi waktu, Menyusun modul, dan menyusun laporan hasil proyek. Kemudian pada tahap pelaksanaan SMP Muhammadiyah sempor telah melaksanakan dua kali P5, proyek pertama dengan tema gaya hidup berkelanjutan dan tema proyek kedua kewirausahaan yang bertanggung jawab, alokasi waktu pelaksanaan P5 yaitu selama satu tahun ajaran akan melaksanakan 3 tahap P5 dengan tema yang berbeda, dengan memadatkan pelaksanaan P5 dalam satu periode (satu minggu), P5 mulai dilaksanakan pada bulan November 2022, Maret 2023, dan Mei 2023. Pada tahap selanjutnya peserta didik akan melakukan evaluasi dan refleksi proyek yang telah dilaksanakan. Adapun implementasi Proyek Penguatan profil Pelajar Pancasila dalam mengembangkan karakter peserta didik di SMP Muhammadiyah Sempor Kabupaten Kebumen melalui penerapan pembelajaran proyek sesuai dengan indikator Profil Pelajar Pancasila, yaitu : Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berkebhinekaan global, Gotong royong, Mandiri, Kreatif, Bernalar Kritis.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Imam Subarkah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Karakter Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:08
Last Modified: 21 Sep 2023 02:08
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item
View Item