Ayu Sugiati, NIM.18116406. (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa di MTs Sultan Agung Kalibangkang. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (756kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (177kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (348kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (172kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (136kB)
Abstract
Tujuan Penelitian adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan guru dalam pengembangan keterampilan sosial siswa di MTs Sultan Agung Kalibangkang. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan guru dalam pengembangan keterampilan sosial siswa di MTs Sultan Agung Kalibangkang. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi guru dalam pengembangan keterampilan sosial siswa di MTs Sultan Agung Kalibangkang. 4) Untuk mendeskripsikan rencana tindak lanjut guru dalam pengembangan keterampilan sosial siswa di MTs Sultan Agung Kalibangkang Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan guru dan siswa, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengembangkan keterampilan social siswa yaitu 1) Perencanaan yang dilakukan oleh guru untuk mengembangkan keterampilan social siswa yaitu sebelum pembelajaran terlebih dahulu mengembangkan silabus kedalam
bentuk RPP yang mana dalam RPP tersebut sudah terdapat perencanaan dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan social siswa. 2) Pelaksanaan yang dilakukan oleh guru dalam pengembangan keterampilan sosial siswa yaitu : a) Melakukan apersepsi juga dapat melatih siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial. b) Menggunakan metode yang sesuai dalam pembelajaran seperti menggunakan metode cooperative learning yang bertujuan untuk melatih siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Dan akan menumbuhkan rasa percaya diri ketika berkomunikasi, menyampaikan pendapat, dan berinteraksi. c) Dalam pembentukan kelompok dilakukan secara acak supaya dalam kelompok tersebut bervariasi ada siswa yang aktif, siswa biasa, dan siswa pasif. Hal ini bertujuan supaya siswa yang pasif itu dapat termotivasi. d) Pembuatan aturan pada saat diskusi kelompok. e) Keteladanan dari seorang guru juga dapat mempengaruhi pengembangan keterampilan social siswa. 3) Evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam pengembangan keterampilan social siswa yaitu dengan menggunakan rubric penilaian sikap social. 4) Rencana tindak lanjut yang dilakukan oleh guru dalam pengembangan keterampilan social siswa yaitu dengan penggunaan metode cooperative learning dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nurhidayah, M.Pd |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 06:44 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 06:44 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/903 |