Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa di MTs Sultan Agung Kalibangkang

Ayu Sugiati, NIM.18116406. (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa di MTs Sultan Agung Kalibangkang. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (756kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (177kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (348kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (172kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan guru dalam pengembangan keterampilan sosial siswa di MTs Sultan Agung Kalibangkang. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan guru dalam pengembangan keterampilan sosial siswa di MTs Sultan Agung Kalibangkang. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi guru dalam pengembangan keterampilan sosial siswa di MTs Sultan Agung Kalibangkang. 4) Untuk mendeskripsikan rencana tindak lanjut guru dalam pengembangan keterampilan sosial siswa di MTs Sultan Agung Kalibangkang Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan guru dan siswa, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengembangkan keterampilan social siswa yaitu 1) Perencanaan yang dilakukan oleh guru untuk mengembangkan keterampilan social siswa yaitu sebelum pembelajaran terlebih dahulu mengembangkan silabus kedalam
bentuk RPP yang mana dalam RPP tersebut sudah terdapat perencanaan dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan social siswa. 2) Pelaksanaan yang dilakukan oleh guru dalam pengembangan keterampilan sosial siswa yaitu : a) Melakukan apersepsi juga dapat melatih siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial. b) Menggunakan metode yang sesuai dalam pembelajaran seperti menggunakan metode cooperative learning yang bertujuan untuk melatih siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Dan akan menumbuhkan rasa percaya diri ketika berkomunikasi, menyampaikan pendapat, dan berinteraksi. c) Dalam pembentukan kelompok dilakukan secara acak supaya dalam kelompok tersebut bervariasi ada siswa yang aktif, siswa biasa, dan siswa pasif. Hal ini bertujuan supaya siswa yang pasif itu dapat termotivasi. d) Pembuatan aturan pada saat diskusi kelompok. e) Keteladanan dari seorang guru juga dapat mempengaruhi pengembangan keterampilan social siswa. 3) Evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam pengembangan keterampilan social siswa yaitu dengan menggunakan rubric penilaian sikap social. 4) Rencana tindak lanjut yang dilakukan oleh guru dalam pengembangan keterampilan social siswa yaitu dengan penggunaan metode cooperative learning dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Nurhidayah, M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:44
Last Modified: 31 Aug 2023 06:44
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item
View Item