Penerapan Konsep Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Soal Penilaian Akhir Semester Pembelajaran Tematik Semester Genap Kelas IV MI Ma’arif 1 Jatisari Tahun Ajaran 2021/2022

Dinar Syahputri, NIM.1812834 (2022) Penerapan Konsep Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Soal Penilaian Akhir Semester Pembelajaran Tematik Semester Genap Kelas IV MI Ma’arif 1 Jatisari Tahun Ajaran 2021/2022. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (528kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (392kB)

Abstract

Abstrak
Dinar Syahputri. 1812834. Penerapan Konsep Higher Order Thinking Skill
(HOTS) Pada Soal Penilaian Akhir Semester Pembelajaran Tematik Semester
Genap Kelas IV MI Ma’arif 1 Jatisari Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan penerapan konsep
higher order thinking skill (HOTS) pada soal penilaian akhir semester
pembelajaran tematik semester genap kelas IV MI Ma’arif 1 Jatisari tahun ajaran
2021/2022. (2) mendeskripsikan indikator level kognitif yang digunakan dalam
penerapan konsep Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada soal penilaian akhir
semester pembelajaran tematik semester genap kelas IV MI Ma’arif 1 Jatisari
tahun ajaran 2021/2022.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
desain penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu kepala MI Ma’arif 1
Jatisari, guru kelas IV A dan guru kelas IV B, serta peserta didik kelas IV A dan
IV B. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi,
wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa soal penilaian
akhir semester II tema 6, tema 7, tema 8, dan tema 9 kelas IV. Teknik analisis data
yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa : (1) konsep higher
order thinking skill (HOTS) belum diterapkan secara maksimal karena beberapa
faktor antara lain pemahaman guru dan peserta didik terkait konsep HOTS dan
karakteristik soal HOTS, penyusunan soal belum mengikuti langkah-langkah
penyusunan soal HOTS dan, tidak adanya peraturan dari kepala madrasah terakit
komposisi soal LOTS dan HOTS. (2) indikator yang digunakan pada soal PAS II
tematik kelas IV didominasi oleh indikator C1-mengingat dan C2-memahami
dimana termasuk dalam level 1 kategori LOTS. Pada tema 6 C1 50%, C2 32,5%,
C3 10%, C4 5%, C5 2,5% tema 7 C1 32,5%, C2 47,5%, C3 2,5%, C4 15%, C5
2,5% Tema 8 C1 20%, C2 75%, C4 2,5%, C5 2,5% Tema 9 C1 22,5%, C2 60%,
C3 12,5%, C5 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Nurhidayah, M.Pd Pembimbing 2 : Nadia Raifah Nawa Kartika, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Konsep Higher Order Thinking Skill (HOTS), Tematik
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2022 04:25
Last Modified: 20 Nov 2022 04:25
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item
View Item