Ngainun Fawziyah, NIM.1812844. (2022) . Efektivitas Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Tema 4 “Berbagai Pekerjaan” Subtema 2 "Pekerjaan di Sekitarku” di MI Sultan Agung Sidomoro. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (764kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (257kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (592kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (244kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB)
Abstract
ABSTRAK
Ngainun Fawziyah. 1812844. Efektivitas Penggunaan Metode Role Playing
untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Tema 4 “Berbagai Pekerjaan”
Subtema 2 "Pekerjaan di Sekitarku” di MI Sultan Agung Sidomoro.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetaui bagaimana penerapan metode
Role Playing dan efektivitas dari penggunaan metode Role Playing sebagai upaya
untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik Tema
4 “Berbagai Pekerjaan” Subtema 2 "Pekerjaan di Sekitarku” di MI Sultan Agung
Sidomoro.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Siswa yang diteliti
adalah siswa kelas IV MI Sultan Agung Sidomoro yang berjumlah 16 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan kuisioner,
wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa data angket mengenai
efektivitas penggunaan metode Role Playing sebagai upaya untuk meningkatkan
minat belajar siswa pada pembelajaran Tematik tema 4 “Berbagai Pekerjaan”
Subtema 2 "Pekerjaan di Sekitarku”. Analisis data yang digunakan adalah analisis
kuantitatif-deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan metode
Role Playing sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa pada
pembelajaran Tematik tema 4. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai mean sebelum
penggunaan metode Role Playing (Pre-Test) sebesar (67.3750) dan nilai mean
sesudah penggunaan metode Role Playing (Post-Test) sebesar (72.0000), hal ini
menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa. Adanya perbedaan hasil
pada hasil data Pre-Test dan hasil data Post-Test, menunjukkan bahwa nilai
persentase hasil Post-Test lebih besar yaitu 90% sedangkan nilai persentase hasil
data Pre-Test hanya sebesar 84%. Artinya, perlakukan dengan menggunakan
metode Role Playing mempunyai pengaruh terhadap peningkatan minat belajar
siswa kelas IV pada pembelajaran Tematik tema 4 subtema 2. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Role Playing efektif digunakan
sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik
Tema 4 “Berbagai Pekerjaan” Subtema 2 "Pekerjaan di Sekitarku” di MI Sultan
Agung Sidomoro
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Metode Role Playing, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 20 Nov 2022 04:09 |
Last Modified: | 20 Nov 2022 04:09 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/426 |