OPTIMALISASI DAKWAH MELALUI INSTAGRAM DI ERA MILENIAL (PENELITIAN PADA AKUN QUR’AN REVIEW)

Ajeng Meilina lutfiyah, NIM.1732055 and Syifa Hamama, S.I.Kom, M.Si, NIDN.2116028603 (2020) OPTIMALISASI DAKWAH MELALUI INSTAGRAM DI ERA MILENIAL (PENELITIAN PADA AKUN QUR’AN REVIEW). Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (618kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (420kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (770kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (238kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version

Download (420kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (148kB)
[thumbnail of 7.  DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB)

Abstract

ABSTRAK
Dakwah dalam Islam adalah suatu kewajiban yang mutlak dilaksanakan
oleh setiap muslim menurut kemampuan yang dimilikinya. Kemajuan Ilmu
pengetahuan dan teknologi masa kini dapat mempengaruhi aktivitas dakwah yang
dilakukan oleh para pelaku dakwah. Dalam abad informasi sekarang ini, dakwah
tidak bisa tidak harus semaksimal mungkin menggunakan media massa modern
seperti: Radio, televisi, Film, Pers, Internet, dan lain-lain sebagainya. Begitu pula
dengan media cetak modern seperti, artikel-artikel Islam, Jurnal dan lain-lain
sebagainya. Internet membawa kemudahan informasi bagi siapapun, anak-anak
hingga orang tua dapat mengaksesnya dengan mudah salah satunya adalah media
sosial seperti instagram. Instagram adalah salah satu media sosial yang paling
banyak digunakan. Dakwah dan teknologi adalah suatu yang tidak dapat
dipisahkan. Dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini
khususnya Instagram sebagai salah satu media sosial, dapat mempengaruhi
aktivitas dakwah yang dilakukan oleh para pelaku dakwah, salah satunya adalah
akun qur’an review.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka dan pendekatan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan desain dalam penelitian ini
adalah desain penelitian secara deskriptif.
Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan, yang pertama unsur-unsur
dalam melakukan dakwah sebagai syarat mutlak dalam pelaksanaan dakwah di
mana wasilah (media dakwah) ini menggunakan instagram melalui akun qur’an
review, Da’i dan mad’u sebagai subjek dalam aktivitas dakwah maupun sebagai
mitra dakwah wajib menguasai dalam menggunakan instagram khususnya da’i
dalam menggunakan instagram pada akun qur’an review, dan metode dakwah
bagi da’i dalam melakukan dakwah melalui instagram pada akun qur’an review
merupakan suatu kewajiban bagi da’i, agar pesan dan ajaran dakwah khususnya
materi dakwah mengenai Al-Qur’an dapat tersampaikan kepada mad’u dengan
baik.
Kata kunci: dakwah, instagram, akun qur’an review

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: dakwah, instagram, akun qur’an review
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Syariah Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:43
Last Modified: 13 Jun 2022 03:43
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item
View Item