Manajemen Pendidikan Berbasis Pesantren di SMP VIP Al-Huda Kebumen. Skripsi, Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021

Iqbal Fawaidul Muhsinin, NIM.1713085 (2021) Manajemen Pendidikan Berbasis Pesantren di SMP VIP Al-Huda Kebumen. Skripsi, Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi MPI Cover] Text (Skripsi MPI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (822kB)
[thumbnail of Skripsi MPI BAB I] Text (Skripsi MPI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (350kB)
[thumbnail of Skripsi MPI BAB II] Text (Skripsi MPI BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (330kB)
[thumbnail of Skripsi MPI BAB V] Text (Skripsi MPI BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (227kB)

Abstract

ABSTRAK
Iqbal Fawaidul Muhsinin, 1713085. Manajemen Pendidikan Berbasis
Pesantren di SMP VIP Al-Huda Kebumen. Skripsi, Prodi Manajemen Pendidikan
Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen Tahun
Ajaran 2020/2021
Latar Belakang Penelitian adalah pentingnya pendidikan karakter untuk
menjadikan generasi muda yang menguasai ilmu pengetahuan umum dan agama.
Pendidikan berbasis pesantren menjadi jenis Pendidikan yang mempunyai minat
sangat besar di kalangan masyarakat untuk mencetak generasi muda yang
kompeten dalam ilmu pengetahuan umum , ilmu agama, dan mempunyai akhlakul
karimah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil
lokasi di SMP VIP A-Huda Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan
metode observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Pemeriksaan atau validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi, dimana data
yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi akan diuji
kebenarannya. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data
yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik
kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Pelaksanaan
pendidikan di sekolah menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikaan
(KTSP) yang berkolaborasi dengan kurikulum pondok pesantren. (2) Pelaksanaan
pendidikan di sekolah dan pondok pesantren saling berintegrasi, karena
terbatasnya jam pembelajaran di sekolah, tidak semua kurikulum pesantren
dilaksanakan di sekolah, yang sudah berjalan adalah penambahan mapel Bahasa
Arab dan Aswaja. Selanjutnya pelaksanaan kurikulum pesantren dilaksanakan
dalam kegiatan madrasah diniyah di pondok pesantren pada sore hari. (3)
Pembiayaan Pendidikan di sekolah dan pondok pesantren dijadikan menjadi satu
pintu, yaitu di sekolah. (4) Standar kelulusan siswa minimal berkelakuan baik,
tidak ada nilai yang dibawah KKM, mampu menghafal surat-surat pendek dan
memperoleh nilai predikat baik pada mapel PAI & PKN. (5) Semua siswa di SMP
VIP Al-Huda wajib tinggal di pondok pesantren, apabila tidak berkenan tinggal di
pesantren maka tidak bisa sekolah di SMP VIP Al-Huda Kebumen. (6) Sekolah
dan pondok pesantren yang berada dalam satu lingkungan mendukung
berjalannya pelaksanaan manajemen pendidikan berbasis pesantren di SMP VIP
Al-Huda Kebumen.
Kata kunci : Manajemen , Pondok Pesantren, Pendidikan berbasis Pesantren

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen , Pondok Pesantren, Pendidikan berbasis Pesantren
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:04
Last Modified: 06 Jan 2022 04:04
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item
View Item