STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-MUSTOFA PEJAGOAN KEBUMEN

Wisriyati, NIM.17116350 and Imam Subarkah, M.Pd, NIDN.2129078202 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-MUSTOFA PEJAGOAN KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (895kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (348kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB II] Text (Skripsi PAI BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (398kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB V] Text (Skripsi PAI BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK
Wisriyati: Strategi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren
Tahfidzul Qur’an Al-Mustofa Kebumen. Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah, IAINU Kebumen 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang 1)
Bagaimana strategi pembelajaran tahfidzul Qur’an , 2) Kendala dan solusinya
dalam penerapan strategi pembelajaran Tahfidzul Qur’an.
Berdasarkan teori, strategi adalah cara atau siasat yang terencana untuk
dilakukan guna mencapai tujuan yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok
Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Mustofa Kebumen dan mengetahui kendala dan
solusinya dalam penerapan strategi pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok
Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Mustofa Kebumen.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang
dilakukan dengan cara mengklarifikasi data- data yang diperoleh kemudian
dikumpulkan untuk dianalisis dan diambil kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan strategi pembelajaran
Tahfidzul Qur’an dengan menggunakan 4 cara, yaitu a) Strategi klasikal besar,
yang meliputi materi penunjang atau bacaan doa- doa harian dan tadarus bersama,
b) Strategi individual yaitu muroja’ah atau mengulang- ngulang hafalan yang
telah diperoleh setoran hafalan baru, dan istimror atau sambung ayat. c) Klasikal
kecil, yang meliputi bacaan atau sima’ atau sorogan dan yang keempat adalah
rutinan Sema’an Al Qur’an. Sedangkan kendala dan solusinya adalah kurangnya
semangat dalam menghafal dan salah satu solusinya adalah mengadakan murotal
dengan banyak speaker setiap ba’da subuh agar santri mendengarkan dan dapat
hafal dengan cara tersebut.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Tahfidz, Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Tahfidz, Al-Qur’an
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2022 07:34
Last Modified: 05 Jan 2022 07:34
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item
View Item