Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Akhlak Terpuji pada Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Kalisono Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen

Wantriana, NIM. 19116750 and Rose Kusumaningratri, M.A., NIDN. 2107128601 (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Akhlak Terpuji pada Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Kalisono Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (192kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (466kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (181kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Strategi Guru Pendidikan Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Akhlak Terpuji pada kelas V di SD Negeri Kalisono; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Akhlak Terpuji pada Kelas V di SD Negeri Kalisono. Penelitian yang dilakukan penulis termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan akhlak terpuji pada peserta didik kelas V di SD Negeri Kalisono ada beberapa macam, diantaranya dengan metode keteladanan yaitu guru memberi contoh yang baik kepada peserta didik, metode pembiasaan yaitu dengan pembiasaan religious, tingkah laku, ketrampilan, kecakapan, pola pikir, metode memberi nasihat dengan menjelaskan kebenaran dan kemaslahatan dengan tujuan untuk menunjukan ke jalan yang mendatangkan manfaat. Faktor pendukung strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan akhlak terpuji pada peserta didik kelas V di SD Negeri Kalisono yaitu keteladanan guru ketika di lingkungan sekolah, dan juga program sekolah yang berupa pembiasaan yang menunjang dalam penanaman akhlak terpuji. Faktor penghambat strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan akhlak terpuji pada peserta didik kelas V di SD Negeri Kalisono yaitu terbatasnya waktu dalam pengawasan peserta didik karena guru PAI masuk kelas V seminggu sekali.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Rose Kusumaningratri, M.A.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Penanaman Akhlak Terpuji
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:08
Last Modified: 10 Jun 2024 03:08
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1148

Actions (login required)

View Item
View Item