Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Fiqih di MTs Ma‟arif Lumbu Kutowinangun Kebumen

Dewi Suci Maharani, NIM. 19116608 and Dr. Sudadi, M.Pd.I., NIDN. 2112105601 (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Fiqih di MTs Ma‟arif Lumbu Kutowinangun Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (246kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (292kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (185kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (228kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui tahapan implementasi kurikulum merdeka di MTs Ma‟arif Lumbu Kutowinangun Kebumen; (2) untuk mengetahui pembelajaran fiqih pada kurikulum merdeka di MTs Ma‟arif Lumbu Kutowinangun Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitik, yaitu peneliti berusaha untuk menguraikan secara mendalam tentang bagaimana implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran fiqih di MTs Ma‟arif Lumbu Kutowinangun Kebumen dalam mengatasi adanya ketertinggalan pembelajaran yang berbeda-beda pada ketercapaian kompetensi peserta didik akibat adanya Covid-19. Hal yang diteliti, yaitu mengenai pembelajaran fiqih berbasis kurikulum merdeka. Objek yang diteliti, yaitu kelas 7 Tsanawiyah MTs Ma‟arif Lumbu Kutowinangun Kebumen yang berjumlah 17 peserta didik. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kurikulum Merdeka di MTs Ma‟arif Lumbu baru diimplementasikan pada tahun ajaran 2023/2024, dapat dilihat pada sistem perencanaannya mengenai kurikulum operasional madrasah, alur tujuan pembelajaran, pembelajaran dan assesmen, penggunaan dan pengembangan perangkat ajar, serta perencanaan proyek profil pelajar Pancasila dan rohmatan lil „alamin. Kemudian pada pelaksanaan pembelajaran mengenai penerapan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, keterpaduan penilaian dalam pembelajaran, dan kolaborasi antar guru untuk keperluan kurikulum dan pembelajaran; (2) Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Fiqih di MTs Ma‟arif Lumbu difokuskan pada proses pembelajarannya mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan assesmen.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sudadi, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran, Fiqih
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 07 May 2024 02:37
Last Modified: 07 May 2024 02:37
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1136

Actions (login required)

View Item
View Item