PENGGUNAAN METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS 3 GUNA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI SD NEGERI BENDOGARAP KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN

Kuni Fajriyah, NIM. 19116786 and Imam Subarkah, M.Pd., 2129078202 (2023) PENGGUNAAN METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS 3 GUNA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI SD NEGERI BENDOGARAP KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (904kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (410kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (497kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (350kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[thumbnail of BAB V (2).pdf] Text
BAB V (2).pdf - Published Version

Download (291kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (404kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan gambaran penggunaan metode card sort dalam pembelajaran PAI Kelas 3 guna meningkatkan minat belajar di SD Negeri Bendogarap. Skripsi ini dilatar belakangi oleh kondisi kegiatan pembelajaran yang masih terpaku dengan metode ceramah sehingga mengakibatkan minat belajar siswa yang rendah. Oleh karena itu perlu adanya peningkatkan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan penggunaan metode card sort dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode card sort dalam pembelajaran PAI dan untuk mengetahui bagaimana metode card sort dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas 3 di SD Negeri Bendogarap. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan terdapat peningkatan kegiatan pembelajaran dari kegiatan pratindakan ke siklus I dan ke siklus II. Dapat diketahui bahwa minat belajar pada kegiatan pratindakan masih rendah yaitu dengan persentase rata-rata 40,8%. Namun, dengan adanya kegiatan tindakan pada siklus I dan siklus II terdapat peningkatan dan perubahan yang terjadi. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kegiatan pembelajaran PAI menggunakan metode card sort terhadap guru pada setiap siklusnya, yaitu dari 77,05% pada siklus I meningkat menjadi 90,25% pada siklus II. Selain itu, terdapat peningkatan pula pada kegiatan pembelajaran menggunakan metode card sort terhadap siswa yaitu 68,35% pada siklus I dan meningkat menjadi 87,25% pada siklus II. Selain itu, terdapat peningkatan minat belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil persentase rata-rata minat belajar pada setiap siklusnya, yaitu 73,3% pada siklus I dan meningkat menjadi 88,65% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode card sort dalam pembelajaran PAI di kelas 3 mampu meningkatkan minat belajar siswa di SD Negeri Bendogarap.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Imam Subarkah, M.P.d.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Metode Card Sort, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:49
Last Modified: 21 Mar 2024 03:49
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1117

Actions (login required)

View Item
View Item