Implikasi Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Kompetensi Profesional Guru di SMP VIP Al-Huda Jemur Kebumen

Syarifatul Hilmiya, 19116747 and Drs. H. Mahrur Adam Maulana, M,Ag., 2107076101 (2023) Implikasi Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Kompetensi Profesional Guru di SMP VIP Al-Huda Jemur Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (592kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (112kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (189kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (104kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar di VVIP Class SMP VIP Al-Huda Jemur Kebumen; (2) untuk mengetahui implikasi kurikulum merdeka belajar terhadap kompetensi profesional guru. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Guru yang diteliti merupakan guru yang mengajar di SMP VIP Al-Huda Jemur dan Wakil Kepala Kurikulum SMP VIP Al-Huda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan kurikulum merdeka di SMP VIP Al-Huda Jemur sudah diimplementasikan sesuai dengan kebijakan yang telah ditentukan, (2) Implikasi dalam kompetensi guru meliputi a) Landasan pendidikan yang sudah dipahami oleh para guru, b) guru bukan lagi menjadi pusat pembelajaran akan tetapi berperan sebagai fasilitator yang mengarahkan siswa dalam memperdalam materi, c) penyederhanaan RPP, d) evaluasi sudah menerapkan kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Mahrur Adam Maulana, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Guru, Kompetensi Profesional, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:01
Last Modified: 10 Jan 2024 04:01
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1074

Actions (login required)

View Item
View Item