ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK BATIK DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Toko Batik Sekar Jagad Kebumen)

LULU ADDINA SHAFA, 1921160 and Niken Lestari, ME, 2125049102 (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK BATIK DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Toko Batik Sekar Jagad Kebumen). Other thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of JUDUL COVER.pdf] Text
JUDUL COVER.pdf - Published Version

Download (492kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (295kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (504kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (191kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (161kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemi covid-19 yang mengakibatkan turunnya penjualan pada berbagai macam bisnis. Maka dari itu terjadi perubahan strategi dalam pemasaran terutama dalam strategi pemasarannya, yaitu penggunaan media sosial yang dijadikan jembatan dalam penyampaian infomasi terkait produk yang dijual, dengan adanya perkembangan teknologi yang cukup pesat tersebut akan lebih efisien dan efektif dalam memasarkan produk. Tujuan penellitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk batik pada toko batik Sekar Jagad dan untuk mengetahui strategi pemasaran produk batik pada toko batik Sekar Jagad ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data ini menggunakan teknik kualitatif deskriptif dengann metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta didukung dengan dokumen-dokumen dari berbagai sumber. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan strategi bauran pemasaran (marketing mix) 4P menunjukkan bahwa strategi produk batik sekar jagad selalu mengedapankan kualitas produk, memberikan pelayanan yang baik dan melakukan berbagai macam inovasi produk batik. Harga produk batik yang cukup terjangkau, dan sistem pembayaran yang dapat dilakukan secara online maupun offline. Media promosi dilakukan melalui media sosial dan personal selling, pemilihan lokasi pemasaran yang cukup strategis serta berbagai fasilitas yang memadai. Strategi pemasaran melalui bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif ekonomi islam.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Niken Lestari, ME
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Pemasaran Syariah
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2023 02:59
Last Modified: 05 Dec 2023 03:23
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1044

Actions (login required)

View Item
View Item