Nisa Silviyani, NIM.19116625 and Fikria Najitama, M.S.I, . (2023) Pembelajaran Kitab Washaya Al Abaa‟ Lil Abnaa‟ dalam Pembentukan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Al Falah Sumberadi Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (733kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (251kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (492kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (247kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (544kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (230kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (156kB)
Abstract
ABSTRAK
Nisa Silviyani. 19116625. Pembelajaran Kitab Washaya Al Abaa‟ Lil Abnaa‟ dalam Pembentukan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Al Falah Sumberadi Kebumen.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pembelajaran kitab
Washaya Al Abaa‟ Lil Abnaa‟ yang dilakukan di Pondok Pesantren Al Falah Sumberadi Kebumen. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pembelajaran kitab washaya al abaa‟ lil abnaa‟ di Pondok
Pesantren Al Falah Sumberadi Kebumen. (2) Bagaimana implikasi pembelajaran kitab Washaya Al Abaa‟ Lil Abnaa‟ terhadap akhlak santri putri di Pondok Pesantren Al Falah Kebumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di lakukan menggunakan wawancara, observasi , dan juga dokumentasi. Wawancara dilakuakan kepada lurah pondok, ustadzah, pengurus, dan santri. Observasi dilakukan untuk melihat bagaimana perilaku santri saat pembelajaran berlangsung. Dokumentasi beberbentuk beberapa
dokumen yang diberikan kepada pihak pondok pesantren untuk kebutuhan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan
bahwa: (1) Pada pembahasan terkait pembelajaran kitab Washaya Al Abaa‟ Lil Abnaa‟ peneliti hanya membatasi pada tujuan dan metode pembelajaran kitab washaya al abaa‟ lil abnaa‟. Tujuan pembelajaran kitab Washaya Al Abaa‟ Lil
Abnaa‟ di Pondok Pesantren Al Falah adalah agar para santri dapat menerapkan nasihat-nasihat yang ada di dalam kitab ini kedalam kehidupan sehari-hari. Metode pembelajaran yang dilakukan meliputi: Metode bandongan, ceramah, tanya jawab, dan diskusi. (2) Implikasi pembelajaran kitab Washaya Al Abaa‟ Lil Abnaa‟ hanya berfokus pada implikasi sikap, tingkah laku, atau akhlak yang dilakukan dari seorang murid kepada gurunya dan dari seorang murid kepada temannya. Hal tersebut ditunjukan dengan beberapa perilaku santri yang sudah sesuai dengan isi kitab Washaya Al Abaa‟ Lil Abnaa‟ seperti membantu temannya yang sedang sakit dan mau meminjamkan buku atau catatan kepada temannya untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Fikria Najitama, M.S.I |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 02:35 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 02:35 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1024 |