Manajemen Pembelajaran Bahasa di Pondok Pesantren Al-Huda Jemur, Kebumen. Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah

Ahmad Rubangi, NIM. 1913199 and Tahrir Rosadi,M.Pd.I, . (2023) Manajemen Pembelajaran Bahasa di Pondok Pesantren Al-Huda Jemur, Kebumen. Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (810kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (194kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (542kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (116kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (183kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Rubangi, NIM 1913199. Manajemen Pembelajaran Bahasa di
Pondok Pesantren Al-Huda Jemur, Kebumen. Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah. Pendidikan bahasa adalah aspek penting dalam pengembangan individu dan komunikasi lintas budaya di dunia yang semakin terhubung. Manajemen pembelajaran bahasa Inggris dan Arab menjadi krusial dalam mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan. Manajemen pembelajaran bahasa Inggris dan Arab melibatkan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengelolaan sumber daya untuk mencapai kompetensi berbahasa yang diinginkan. Pada zaman globalisasi seperti saat ini penguasaan tentang berbahasa asing terutama Bahasa Inggri dan Arab sangat di perlukan untuk dapat bersaing secara global, seperti dapat meningkatkan pengetahuan akan ruang lingkup global yang
tentunya membutuhkan penguasaan dalam berbahasa asing seperti Bahasa Inggris dan Arab. Untuk itu dalam penelitian ini menjelaskan bagaimana manajemen pembelajaran Bahasa Inggris dan Arab di Pondok Pesantren Al-Huda Jemur Kebumen, yang dimana Pondok Pesantren Tersebut merupakan pesantren Salaf yang sudah menerapkan pembelajaran Bahasa bagi para santriwatinya dan menerapkan berbahasa dalam setiap kegiatan sehari-hari selama para santriwati menimba ilmu di Pondok Pesantren Al-Huda Jemur Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar belakang di Pondok Pesantren Al-Huda Jemur Kebumen.
Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. penerapan strategi pengajaran dengan pendekatan komunikatif, penggunaan media yang tersedia, dan interaksi berbahasa aktif yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pembelajaran bahasa. Hasil dari penelitian ini yaitu manajerial pembelajaran bahasa yang dilakukan yaitu perencanaan yang laksanakan setiap awal tahun pembelajaran yang di rancang oleh ustadzah pengampu pembelajaran Bahasa dengan para
pengurus dan kepala Pondok Pesntren, pengorganisasian yang dilakukan dengan membentuk organisasi santri Pondok Pesantren untuk membentu kerja ustadzah dan juga mengawasi proses pembelajaran Bahasa yang berjalan, pelaksanaan
pembelajaran dilakukan setiap hari dengan memberikan kosa kata, Latihan penucapan Bahasa yang benar, Latihan pidato dalam Bahasa Inggri dan Arab, dan sebagainya

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Tahrir Rosadi,M.Pd.I
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:21
Last Modified: 02 Nov 2023 02:21
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1023

Actions (login required)

View Item
View Item