Implementasi sikap inovatif guru pendidikan agama islam (PAI) mata pelajaran sejarah kebudayaan islam MTs Al-Mansyuriyah Buluspesantren Kebumen

Nila Fauziana, NIM. 21110049 (2025) Implementasi sikap inovatif guru pendidikan agama islam (PAI) mata pelajaran sejarah kebudayaan islam MTs Al-Mansyuriyah Buluspesantren Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (938kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (287kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (672kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (285kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of 6. BAB  V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (230kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (258kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui apa yang
mempengaruhi sikap inovatif guru PAI mata pelajaran SKI di MTs Al-
Mansyuriyah Buluspesantren Kebumen; (2) Untuk mengetahui bagaimana
Implementasi sikap inovatif guru PAI mata pelajaran SKI di MTs Al- Mansyuriyah
Buluspesantren kebumen.
Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di
MTs Al- Mansyuriyah Buluspesantren Kebumen. Subjek dan informan penelitian
ini adalah kepala sekolah, guru sejarah kebudayaan islam dan siswa kelas IX MTs
Al- Mansyuriyah Buluspesantren Kebumen. Teknik pengumpulan data yang
digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis
data meliputi reduksi data, penyajian data dan reduksi data.
Hasil penelitian menunjukan : (1) Yang mempengaruhi munculnya sikap
inovatif pada pembelajaran PAI mata pelajaran Sejarah Kebudayaan islam di kelas
salah satunya perkemanyan zaman dan teknologi yang semakin maju dan pesat.
Sehingga banyak juga dampak buruk yang muncul akibat hal tersebut. Dalam hal
ini sikap inovatif menjadi upaya guru dalam mempertahankan minat belajar siswa.
(2) Implementasi sikap inovatif memberikan warna baru dalam kegiatan
pembelajaran. Siswa menjadi lebih enjoy dan sanai dalam mengikuti pembelajaran
dan lebih tertarik untuk mempelejari lebih dalammengenai sejarah.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi
pembelajaran inovatif guru PAI mata pelajaran SKI berjalan dengan baik dan sesuai
metode pembelajaran yang telah dirancang sebelumnya. Praktik pembelajaran
dilaksanakan dengan memanfaatkan fasilitas yeng tersedia di sekolah dan
kreativitas yang dimiliki oleh guru untuk menciptakan inovasi dan suasana baru
dengan melakukan pembelajaran di luar kelas. Praktik pembelajaran tersebut
memberikan dampak baik bagi siswa dalam meningkatkan motivasi belajar, nilai,
sikap dan berfikir kritis.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen pembimbing : Dr. Nurhidayah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, implementasi, sikap inovatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2025 01:48
Last Modified: 06 Nov 2025 01:48
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item
View Item