IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL CUBLAK- CUBLAK SUWENG SEBAGAI PENGUAT KARAKTER SOSIAL SISWA MI PEJAGATAN KUTOWINANGUN

Nurdiana Alfina Damayanti, NIM. 2112013 (2025) IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL CUBLAK- CUBLAK SUWENG SEBAGAI PENGUAT KARAKTER SOSIAL SISWA MI PEJAGATAN KUTOWINANGUN. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (333kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (440kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (417kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (155kB)
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf - Published Version

Download (225kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkuat karakter sosial siswa
kelas 1 Mi pada mata pelajaran Bahasa Jawa melalui permainan tradisional
cublak-cublak suweng. Latar belakang penelitian ini adalah masih cenderung
rendah karakter sosial siswa kelas 1Mi Pejagatan karena pada dasarnya siswa
kelas satu masih butuh banyak arahan dari guru.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu:
Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas 1 MI Pejagatan yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data
meliputi observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Tes yang digunakan adalah
tes bukan berupa soal melainkan berupa tiga tes observasi, tes skala sikap dan tes
kinerja diberikan dalam berbentuk pre-test pada awal penelitian dan post-test pada
akhir siklus II, serta rubrik penilaian karakter sosial siswa.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari
siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata karakter sosial siswa meningkat dari 68,75%
pada pre test menjadi 81,1% pada post test Siklus II. Penelitian ini juga
diperkuat oleh presentase ketuntasan yang klasikal dari observasi Siklus 1 peserta
didik dari 50 % menjadi 69 % padaSiklus 2 dan Observasi Guru Siklus 1 dari
68% menjadi 91 % di akhir Siklus II. Peningkatan ini terlihat melonjak pada
setiap aspek kerjasama, kejujuran, disiplin, tanggung jawab. Berdasarkan hasil
penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media tradisional cublak
cublak suweng mampu memperkuat karakter sosial pada siswa kelas 1 Mi.
Penggunaan media permainan tradisional cublak-cublak suweng mampu
memberikan kebebasan kepada peserta didik kelas 1 untuk mengembangkan
karakter yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: dosen pembimbing : Oky Ristya Trisnawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Permainan Tadisional, Permainan Cublak-cublak suweng, Karakter sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2025 07:11
Last Modified: 05 Nov 2025 07:11
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item
View Item